Pesawat Hercules C-130 Yordania Gunakan Parasut GPS, Bantuan untuk RS Gaza Tepat Sasaran

Rabu, 08 November 2023 - 20:41 WIB
Angkatan bersenjata Yordania mengirimkan pasokan medis dan makanan ke rumah sakit lapangan yang dioperasikan negara tersebut di Jalur Gaza. Foto/The War Zone
GAZA - Angkatan bersenjata Yordania mengirimkan pasokan medis dan makanan ke rumah sakit lapangan yang dioperasikan negara tersebut di Jalur Gaza . Jordan menggunakan sistem parasut berbantuan GPS untuk menjatuhkan bantuan ke tempat yang tepat dari pesawat Hercules C-130.

Dilaporkan laman The War Zone, personel militer Yordania menggunakan parasut berbantuan GPS yang disebut dengan Joint Precision Airdrop System (JPADS) buatan Amerika Serikat (AS). Perangkat JPADS ini membantu memastikan kargo sampai ke tempat yang tepat di darat, meskipun dilakukan tengah malam.

Bantuan ini diharapkan mendukung operasi rumah sakit lapangan yang dibangun Pemerintah Yordania di Kota Gaza. Menurut Al Jazeera pperasi pasokan udara tersebut dikoordinasikan dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF).



“Ini adalah tugas kita untuk membantu saudara dan saudari kita yang terluka dalam perang di Gaza. Kami akan selalu ada untuk saudara-saudara kami di Palestina,” tulis Raja Yordania Abdullah II melalui media sosial X, dikutip SINDOnews dari laman The War Zone, Rabu (8/11/2023).



Postingan Raja Yordania itu disertai sejumlah gambar operasi tersebut dan Angkatan Bersenjata Yordania merilis gambar tambahan. Setidaknya tiga palet kargo yang dipasang untuk penerjunan udara terlihat dimuat di dalam pesawat angkut C-130 Hercules Angkatan Udara Yordania.



Gambar-gambar tersebut juga menunjukkan masing-masing muatan dalam palet yang dilengkapi dengan kit JPADS. Penggunaan JPADS atau sistem airdrop presisi serupa, akan masuk akal dalam operasi pengiriman kargo ini agar jatuh di tempat yang tepat.

Keakuratan JPADS bergantung pada beberapa faktor, antara lain ketinggian pelepasan bundel airdrop, jarak pesawat yang membawanya dari zona penurunan yang dituju, berat total muatan, dan kondisi lingkungan. Secara umum, sistem inti, dilaporkan secara rutin mampu menerima beban dalam jarak 50 hingga 75 meter dari koordinat yang diprogram.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More