November, Intip Deretan Fenomena Langit Malam yang Sempurna

Jum'at, 24 November 2023 - 20:03 WIB
Akhir pekan ini, bulan yang menuju fase penuhnya akan terlihat sangat dekat dengan planet Jupiter yang bersinar sangat terang. (Foto: Forbes)
JAKARTA - Bulan November selalu dinanti para pencinta langit malam. Fenomena terjadi mulai dari bulan penuh alias bulan berang-berang (Bulan Beaver) sampai penampakan bulan Uranus.

Beberapa fenomena tadi terjadi karena posisi bumi semakin dekat dengan titik balik matahari. Kondisi ini menyebabkan belahan bumi utara akan memasuki musim dingin sementara belahan bumi selatan akan mengalami peningkatan suhu matahari.

Selain itu akan muncul cahaya warna-warni pada Senin, 27 November mendatang. Satelit alam di ruang angkasa akan melewati tiga obyek terkenal di langit malam. Namun, hanya dua di antaranya yang dapat dilihat dengan mata telanjang.

Akhir pekan ini, bulan yang menuju fase penuhnya akan terlihat sangat dekat dengan planet Jupiter yang bersinar sangat terang. Pada Sabtu ini, Uranus, planet ketujuh dari matahari,yang biasanya sulit ditemukan akan terlihat.





Berikut beberapa fenomena langit malam yang akan terjadi pada November ini.

1. Pergerakan bulan akhir pekan ini



Sepanjang minggu ini, bulan selalu terlihat di sore hari. Hal ini terjadi sebelum setiap fase purnama karena bulan mengorbit ke Bumi dari barat ke timur—atau berlawanan arah jarum jam dari kutub utara—sehingga muncul lebih awal setiap malam. Perbedaan setiap hari terjadi sekira 50 menit. Pada waktu yang sama setiap malam lihatlah bahwa bulan telah berpindah sekitar 13 derajat ke timur dari posisinya pada malam sebelumnya.

Bulan tidak akan menjadi sangat terang hingga senja dan muncul sebelum matahari terbenam.

2. Penampakan terang Bulan dan Jupiter

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More