Mengenal Benua Zealandia yang Tenggelam, Rumah Penguin Kuno

Selasa, 02 Januari 2024 - 19:00 WIB
Benua Zealandia selama ini sejatinya tak kemana-mana, ia tersembunyi di bawah Samudra Pasifik yang luas. (Foto: Wikimedia Commons)
JAKARTA - Misteri keberadaan Benua Zealandia akhirnya terungkap. Sejumlah ilmuwan berhasil menemukan bahkan memetakannya.

Benua Zealandia selama ini sejatinya tak kemana-mana, ia tersembunyi di bawah Samudra Pasifik yang luas. Tak seperti saudaranya yang terbentang di atas permukaan air, benua kedelapan itu menjadi dunia bawah air yang misterius, menunggu untuk dijelajahi dan dipahami.

Dilansir dari India Today, Selasa (2/1/2024), setelah lebih dari 20 tahun kerja keras, tim ilmuwan yang dipimpin geolog GNS Science Nick Mortimer, berhasil menyelesaikan peta komprehensif Zealandia.

Pada 26 September 2023, peta rinci Zealandia atau Te Riu-a-Maui, diterbitkan dalam jurnal, memberikan representasi yang lebih akurat tentang benua yang menarik ini. Peta tersebut tidak hanya menunjukkan poros busur magma benua kedelapan, tetapi juga menyoroti berbagai karakteristik geologis penting lainnya. Ini membuka rahasia masa lalu misterius benua yang tenggelam ini, memberikan wawasan yang belum ada sebelumnya.





Sebelum lebih jauh mengenal benua Zealandia yang tenggelam, deretan fakta menariknya di bawah ini perlu diketahui:

1. Penemu Pertama



Pada tahun 1642, pelaut Belanda Abel Tasman memberikan petunjuk pertama tentang keberadaan benua kedelapan ini di Belahan Bumi Selatan. Kemudian pada tahun 1995, ahli geofisika Amerika Bruce Luyendyk menciptakan nama 'Zealandia' untuk merujuk secara kolektif pada Selandia Baru, Chatham Rise, Campbell Plateau, dan Lord Howe Rise.

Pada tahun 2017, para ahli geologi dari Selandia Baru , Kaledonia Baru, dan Australia bersama-sama menentukan bahwa Zealandia memenuhi semua kriteria klasifikasi sebagai benua terendam, membedakannya dari mikrobenua atau fragmen benua.

2. Usia Benua Zealandia



Ilmuwan menganggap Zealandia awalnya sebagai bagian dari superbenua Gondwana kuno, terbentuk sekitar 550 juta tahun lalu. Namun, studi pada 2021 menunjukkan usia benua kedelapan ini sekitar satu miliar tahun. Zealandia adalah benua yang relatif muda, berpisah dari Antartika sekitar 85-120 juta tahun lalu dan kemudian memisahkan diri dari Australia sekitar 60-85 juta tahun lalu.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More