Riset Temukan Sesuatu yang Baru Ditemukan di Gigi Komodo

Kamis, 25 Juli 2024 - 11:46 WIB
Sesuatu yang Baru Ditemukan di Gigi Komodo. FOTO/ DAILY
LONDON - Studi terbaru mengungkapkan fakta menarik tentang gigi komodo. Gigi mereka memiliki lapisan besi yang sangat tinggi konsentrasinya, terutama di bagian tepi yang bergerigi.

Seperti dilansir dari Science Alert, Lapisan besi ini memberikan ketajaman ekstra pada gigi, memungkinkan komodo untuk merobek daging mangsanya dengan sangat efisien.

Fenomena ini unik dan belum pernah ditemukan pada vertebrata lain dengan tingkat konsentrasi besi yang begitu tinggi di sepanjang tepi gigi.

Adanya lapisan besi pada gigi komodo menunjukkan sebuah adaptasi evolusioner yang sangat menguntungkan. Lapisan ini memberikan keunggulan dalam berburu dan bertahan hidup, memungkinkan komodo untuk menjadi predator puncak di habitatnya.

Perbandingan antara gigi komodo dan dinosaurus karnivora seperti Tyrannosaurus rex membuka peluang baru dalam memahami perilaku makan dinosaurus. Kemungkinan besar, dinosaurus juga memiliki adaptasi serupa pada gigi mereka untuk meningkatkan efisiensi dalam memangsa.

Penemuan ini dapat memicu penelitian lebih lanjut pada fosil dinosaurus untuk mencari bukti adanya lapisan besi serupa pada gigi mereka. Hal ini akan memberikan wawasan yang lebih mendalam tentang ekologi dan perilaku makan dinosaurus.