Ilmuwan Temukan Hiu Raksasa Berusia 500 Tahun

Minggu, 28 Juli 2024 - 10:00 WIB
Para ilmuwan menemukan hiu Greenland yang diperkirakan berusia ratusan tahun di perairan Atlantik Utara dan Arktik. Foto/Creative Commons
JAKARTA - Hidup hingga usia ratusan tahun nyaris mustahil bagi manusia di era modern. Namun, batasan itu tidak berlaku untuk ikan hiu . Baru-baru ini para ilmuwan menemukan hiu Greenland berusia 500 tahun. Alhasil ikan berukuran raksasa itu kini diakui sebagai vertebrata yang hidup paling lama di dunia .

Hiu berusia 500 tahun ini merupakan salah satu ikan hiu yang menghuni perairan Atlantik Utara dan Arktik. Mereka tumbuh hanya beberapa sentimeter setiap tahun. Meskipun laju pertumbuhannya lambat, ikan hiu Greenland dapat mencapai panjang lebih dari lima meter dan sering berfungsi sebagai predator puncak dalam ekosistemnya.

"Salah satu hiu, dengan panjang lima meter, ditemukan berusia setidaknya 272 tahun, dengan perkiraan usia maksimum lebih dari 500 tahun (392 +/- 120 tahun). Spesimen lainnya berusia setidaknya 260 tahun, mungkin melebihi 400 tahun. Kami pasti mengharapkan hiu-hiu ini tua, tetapi kami tidak menyangka bahwa mereka akan menjadi vertebrata dengan usia hidup terpanjang,” kata Julius Nielsen, ahli biologi kelautan di Universitas Kopenhagen, yang memimpin tim penelitian, dilansir dari The Brighterside, Sabtu (28/7/2024).

Hiu berukuran lima meter dan berusia setidaknya 272 tahun hingga 500 tahun ini melampaui rekor sebelumnya yang dipegang oleh paus bowhead berusia 211 tahun.

Menentukan Usia Hiu Greenland

Menentukan usia hiu Greenland dulunya dianggap mustahil. Spesies ikan lainnya diukur usianya dengan mengukur tubuh kalsium di telinga mereka, tetapi hiu Greenland tidak memiliki struktur tulang keras ini, karena kerangkanya terbuat dari tulang rawan. Sebagai gantinya, Nielsen dan timnya memeriksa radiasi di mata hiu. Selama tahun 1950-an dan '60-an, uji coba bom nuklir memperkenalkan partikel radioaktif ke atmosfer, yang kemudian diserap oleh organisme hidup, termasuk hiu.

Hiu Greenland memiliki jaringan lensa mata yang unik yang tetap tidak berubah sepanjang hidupnya, mempertahankan radiasi historis. Lensa mata ini terdiri dari bahan khusus dengan protein metabolik inert, yang berarti sekali disintesis, mereka tidak diperbarui. Dengan mengisolasi jaringan yang terbentuk saat hiu masih anak-anak, para peneliti melakukan penanggalan radiokarbon untuk memperkirakan usia.

Untuk studi ini, tim memeriksa 28 hiu yang mati setelah tertangkap sebagai tangkapan sampingan di jaring ikan. Meskipun ada beberapa ketidakpastian dalam perkiraan usia, Nielsen menyatakan usia yang paling mungkin untuk hiu tertua adalah sekitar 390 tahun, dengan rentang kepastian 95 persen antara 272 hingga 512 tahun.