Ilmuwan Temukan Hiu Raksasa Berusia 500 Tahun

Minggu, 28 Juli 2024 - 10:00 WIB


Steven Austad, seorang ahli biologi usia di Universitas Alabama, Birmingham, berkomentar, “Ini adalah makalah yang menarik dan tentu saja memperpanjang rekor umur vertebrata secara substansial. Bahkan di ujung bawah perkiraan mereka—272 tahun—itu masih jauh lebih lama dibandingkan vertebrata lain yang terdokumentasi.”

Temuan ini memiliki implikasi signifikan bagi konservasi hiu Greenland. Tim meyakini hiu-hiu ini mencapai kematangan seksual ketika mereka sekitar empat meter panjangnya, yang bisa memakan waktu sekitar 150 tahun. Longevitas ekstrem ini menunjukkan hiu Greenland mungkin masih pulih dari penangkapan ikan berlebihan yang terjadi sebelum Perang Dunia II. “Ketika mengevaluasi distribusi ukuran di seluruh Atlantik Utara, cukup jarang kami melihat betina yang matang secara seksual, dan cukup jarang kami menemukan anak-anak hiu atau juvenil,” kata Nielsen.

Sebagian besar hiu yang diamati adalah sub-dewasa, kemungkinan hasil dari penangkapan ikan berlebihan di masa lalu. Hiu-hiu tua yang matang secara seksual tidak lagi hadir dalam jumlah besar, dan tidak ada cukup individu dewasa untuk menghasilkan generasi baru. Meskipun masih ada populasi 'remaja' yang signifikan, akan memerlukan satu abad lagi untuk mereka menjadi aktif secara seksual.

Studi ini tidak hanya mengungkapkan umur luar biasa hiu Greenland tetapi juga menekankan kerentanan alam terhadap aktivitas manusia. Temuan ini menyoroti pentingnya upaya konservasi untuk melindungi makhluk-makhluk purba ini dan ekosistemnya.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More