Heboh Video Simpanse Berkata Mama, Benarkah Kera Dapat Bicara?

Rabu, 31 Juli 2024 - 19:00 WIB
Untuk menguji apakah orang yang tidak bias dapat mengetahui apa yang dikatakan simpanse Johnny dan Renata, para peneliti menyiapkan eksperimen. Suara simpanse dicampur dengan suara manusia yang didiagnosis dengan patologi bicara dari penyakit Parkinson.

Setiap suara hanya mengucapkan beberapa kata, dan peserta dalam penelitian tidak mengetahui bahwa dua suara berasal dari simpanse. Mereka diminta untuk menuliskan kata-kata yang diucapkan selama percobaan - jika mereka menulis ma atau mama, itu akan menunjukkan bahwa fonetik yang dikatakan simpanse mirip dengan kata-kata manusia.

Sebagian besar peserta setuju setidaknya Renata membuat suara "mama", sementara ada respons yang lebih luas seputar suara yang dibuat Johnny. Hasilnya menunjukkan bahwa simpanse mampu belajar vokal. Tim menulis bahwa simpanse dapat menghasilkan 'kata pertama' yang diduga dari bahasa lisan. Tim menyimpulkan sebelumnya simpanse telah diremehkan dan memang memiliki jalur saraf yang diperlukan untuk berbicara - 'Kera besar dapat menghasilkan kata-kata manusia; kegagalan untuk menunjukkan ini setengah abad lalu adalah kesalahan para peneliti, bukan hewan,' mereka menyimpulkan.

Namun, tidak semua orang yakin - seperti yang dijelaskan oleh Julia Fischer, ilmuwan kognitif di German Primate Center di Göttingen. “Makalah ini adalah contoh yang baik dari tarik menarik di bidang ' bahasa kera '. Apa yang dilakukan kera secara vokal tidak ada hubungannya dengan ucapan manusia,” katanya.
(msf)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More