Ini 5 Telur Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Rp456 Juta per Kg

Senin, 14 Oktober 2024 - 14:56 WIB
Tingginya biaya produksi dan kelangkaan membuat harga telur kalkun menjadi mahal, yakni sekira Rp 45 ribu per butir telur. Nutrisi telur kalkun cukup tinggi karena mengandung dua kali kalori dan gram lemak lebih banyak serta empat kali jumlah kolesterol dibanding telur ayam.Telur kalkun dulu populer hingga akhir abad 1800 untuk dijadikan omelet.

Telur kalkun juga disebut sebagai salah satu telur yang harus dimakan di dunia selain bebek, puyuh, unta, angsa, dan emu. Hal ini dikarenakan telur kalkun lebih kaya rasa dan creamy. Tampilan telur ini juga khas karena kulitnya berbintik, telur kalkun lebih bagus jika dihias.



4. Telur emu



Telur ini termasuk paling langka di dunia karena burung emu diklasifikasikan sebagai satwa liar yang terancam punah.

“Diperkirakan jumlah burung emu pesisir yang tersisa di Pantai Utara kurang dari 50 ekor, sehingga penemuan sarang berisi telur merupakan momen penting bagi populasi yang terancam punah,” ujar Chris Slade, Ekolog Senior Forestry Corporation dalam pernyataannya sebagaimana dikutip IFL Science.

Biasanya jika ada yang menjual telurnya, harganya menjadi tak terhingga karena perizinan penjualannya dibatasi.

5. Telur ikan beluga



Telur ikan beluga menduduki peringkat teratas dengan harga termahal, menurut Guinness World Records. Konon, telur ini harganya sangat mahal, bahkan bisa mencapai Rp 456 juta per kilogram. Telur ikan beluga atau biasa disebut Almas berasal dari ikan beluga atau sturgeon albino langka yang berada di perairan Laut Kaspia Selatan.

Ikan ini sejenis ikan purbakala yang langka karena lingkungannya mulai tercemar. Hal itulah yang membuat harga caviar seakan tak wajar untuk sebuah telur ikan.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More