Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Sabtu, 19 Desember 2020 - 20:41 WIB
6. Platipus Berbisa

Apa yang tidak aneh tentang platipus? Mereka memiliki ekor pipih seperti berang-berang, tubuh ramping dan berbulu, kaki berselaput dan paruh. Semua mamalia melahirkan anak, tapi bukan platipus karena mereka bertelur, seperti yang dilakukan nenek moyang mamalia.

Foto/Alamy

Selain berselaput, pejantan juga memiliki taji runcing yang mengandung racun, yang diduga para ilmuwan digunakan selama pertempuran dengan pejantan saingan selama musim kawin.

7. Burung Unta Berjari Dua

Mungkin karena kaki burung unta begitu besar dan kuat, mereka mengundang perbandingan dengan kaki dinosaurus pemakan daging yang hidup jutaan tahun lalu. Burung unta -yang merupakan dinosaurus hidup, seperti semua burung modern- adalah satu-satunya burung yang memiliki dua jari. Padahal burung lainnya memiliki tiga atau empat jari kaki.

Foto/Shutterstock

Salah satu jari kaki jauh lebih besar dari yang lain, dan memiliki ujung cakar yang panjangnya bisa mencapai 10 sentimeter. Kaki kuat burung unta dan kaki dua jari dapat memberikan tendangan mematikan, dan mereka telah diamati da[at berlari dengan kecepatan lebih dari 37 mil per jam (60 km/jam) selama lebih dari 30 menit, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2011 di Journal dari Biologi Eksperimental.