Iihhh... 13 Kaki Hewan Ini Terlihat Sangat Aneh

Sabtu, 19 Desember 2020 - 20:41 WIB
Tampak salah satu kaki hewan yang terlihat aneh. Bentuk kaki hewan banyak yang terlihat aneh sebagai adaptasi terhadap lingkungan sekitarnya. Foto/Alamy
JAKARTA - Di dunia hewan , kaki hadir dalam berbagai bentuk yang menakjubkan dan dilengkapi serangkaian adaptasi yang sangat terspesialisasi . Imbasnya, ada yang terlihat sangat aneh. (Baca juga: 15 Hewan Ini Mungkin Lebih Cerdas Dari Kamu, Ayo Tebak Apa Saja )

Beberapa memiliki cakar kokoh yang dapat menggali terowongan di tanah yang padat. Yang lainnya menggunakan cakar tajam dan melengkung untuk menangkap dan mencengkeram mangsa yang bergerak cepat dan menggeliat. Mereka mungkin menggunakan struktur mencengkeram untuk mengukur permukaan vertikal, atau menyebarkan paku berbisa untuk mengalahkan saingan atau predator.

Entah mereka digunakan sebagai alat untuk menggali, menggenggam pengisap atau mesin pembunuh, kaki binatang bisa sangat aneh. Berikut ini beberapa contoh yang paling menarik dari keanehan kaki hewan, seperti dilaporkan Live Science.

1. Kuku Tapir

Banyak hewan memiliki kuku, tapi tahukah Anda bahwa tapir memiliki banyak kuku di setiap kakinya? Tapir berkerabat dekat dengan badak. Namun kaki mereka sangat tidak biasa.





Foto/Shutterstock

Mereka memiliki empat jari pada kaki depan dan tiga jari pada kaki belakang. Semua jari kaki ditutupi oleh paku yang mengeras, sehingga menyerupai kuku yang sangat kecil. Kaki tapir bersifat mesaksonik, artinya ujung tengah adalah yang terbesar dan membentuk poros kaki.

Satu jari di kaki depan lebih kecil dari yang lain. Biasanya digunakan hanya ketika tapir menavigasi tanah yang lunak dan berlumpur, menurut Animal Diversity Web.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More