Setelah 25 Tahun, Bunga Bangkai Asal Indonesia Mekar di Kebun Raya Leiden

Selasa, 02 November 2021 - 07:02 WIB
Untuk pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir, bungai bangkai asal Indonesia mekar di Kebun Raya Leiden, Belanda. Foto/dok
AMSTERDAM - Untuk pertama kalinya dalam 25 tahun terakhir, bungai bangkai asal Indonesia mekar di Kebun Raya Leiden, Belanda. Bungai bangkai tersebut mekar selama seminggu dan pengunjung kebun Leiden diberikan kesempatan untuk berfoto.

Dilansir Daily Mail, Senin (1/11/2021), pengunjung Kebun Raya Leiden terpaksa menutup hidung mereka ketika ingin mengabadikan bunga langka tersebut. Sebuah tangga ditempatkan di sebelah tanaman yang sangat besar itu sehingga pengunjung taman dapat mengintip ke dalam kuncupnya.

Berasal dari hutan hujan tropis Indonesia, bunga bernama latin Amorphophallus decus-silvae jarang di temukan karena membutuhkan lingkungan yang panas dan lembab.

Namun satu tunas mulai berbunga sejak 22 Oktober 2021 di Hortus Botanicus Leiden, salah satu kebun raya tertua di dunia dan mekar penuh akhir pekan ini.





Sukarelawan taman Roos Kocken memposting bungai bakai tersebut di akun TikTok-nya. Kocken mengatakan bahwa tanaman tersebut sekarang 'mengkerut' dan penjaga taman telah mengirisnya sehingga pengunjung dapat melihat ke dalam.

Ahli botani di Hortus, percaya bahwa ini ketiga kalinya spesies ini pernah berbunga di Eropa sejak kebun raya ini berdiri. Terakhir kali tanaman serupa berbunga di Leiden Hortus pada 1997.

Relawan kebun Leiden, Rudmer Postma telah merawat umbi tanaman khusus ini sekitar enam tahun. Kuncup bunga pertama kali terlihat pada pertengahan September. Dalam waktu enam minggu tumbuh hingga hampir dua kaki dan sekarang tingginya mencapai 6 kaki lebih.

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More