5 Teknologi Kuno yang Bikin Ilmuwan Melongo

Kamis, 27 Januari 2022 - 22:02 WIB
Di dalam bejana, terdapat pendulum yang akan bergerak saat terjadi gempa, meski itu terjadi ratusan kilometer jauhnya, itu akan membuat salah satu bola perunggu jatuh dari mulut naga dan masuk ke mulut katak yang berada di bawahnya. Kemudian menghasilkan suara kencang.

Bagaimana itu bisa terjadi di dalam vas? Bahkan akibat gempa yang sangat jauh? Hal tersebut masih belum dipahami sampai saat ini. Orang-orang bahkan telah berusaha menciptakan nya kembali pada zaman modern tetapi tidak berhasil.



4. Baterai Baghdad





Pasti kita mengira tak akan ada baterai 2.000 tahun yang lalu. Sama saya pun berpikiran demikian. Sampai kita tahu penemuan ini.

Benda yang tampaknya baterai pertama ini ditemukan di Baghdad pada tahun 1936 dan diyakini berasal dari abad ke-2 periode Pathria 247 SM - 224 M. Baterai itu berbentuk guci tanah liat oval dengan tinggi 13 cm.

Entah bagaimana benda ini menghantarkan arus listrik 2.000 tahun sebelum Alessandro volta memperkenalkan pada dunia baterai modern versi pertama yang kita gunakan sekarang.

5. Kapal Batu Masuda
Halaman :