Stegosaurus Berkepala Kecil Dinosaurus Tertua, Punya Ekor Panjang Berduri

Minggu, 06 Maret 2022 - 17:31 WIB


Berdasarkan analisis sedimen di mana Bashanosaurus primitivus ditemukan, tim ilmuwan menentukan bahwa stegosaurus hidup di delta di tepi danau dangkal selama musim kemarau yang panas. Binatang purba itu bergabung dengan semakin banyak stegosaurus yang dikenal.

Dinosaurus ini, di mana ada 14 spesies yang diketahui, hidup di setiap benua kecuali Antartika dan Australia. Spesies baru ini memiliki beberapa perbedaan dari kerabatnya – termasuk dasar pelat pelindungnya, yang lebih tebal dan melengkung ke luar, tidak seperti pelat di punggung kerabat selanjutnya, kata Li.

"Bashanosaurus dapat dibedakan dari stegosaurus Jurassic Tengah lainnya, dan jelas merupakan spesies baru. Namun, itu memang memiliki kesamaan dengan beberapa dinosaurus lapis baja pertama, yang berusia lebih dari 20 juta tahun," kata Ning Li

Stegosaurus paling awal yang diketahui, Chungkingosaurus (Chongqing "kadal") dan Huayangosaurus (Huayang "kadal"), juga berasal dari Formasi Shaximiao Jurassic Tengah hingga Akhir di China. Menurut Ning Li, ini mengisyaratkan bahwa stegosaurus berasal dari Asia.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More