Ungkap Pembentukan Alam Semesta, Teleskop James Webb Pelajari Quasar Super Terang

Senin, 07 Maret 2022 - 15:07 WIB
Quasar bersinar sangat terang sehingga menutupi galaksi tempat benda-benda antariksa berada. Foto/Space.com/NOIRLab/NSF/AURA
Teleskop Luar Angkasa James Webb meneliti peran objek terang yang disebut quasar untuk mengungkap evolusi pembentukan awal galaksi. Quasar bersinar sangat terang sehingga menutupi galaksi tempat benda-benda antariksa berada.

Quasar yang ditenagai lubang hitam merupakan objek yang letaknya jauh dan berukuran satu miliar kali lebih besar dari matahari. Quasar memancarkan energi yang bisa naik ke triliunan elektron volt, melebihi output total semua bintang di galaksi biasa.

Para ilmuwan menggunakan Teleskop James Webb untuk memeriksa bagian apa yang dimainkan quasar dalam evolusi galaksi selama masa-masa awal ini. Para peneliti juga akan menggunakan quasar untuk mempelajari gas di ruang antar galaksi di alam semesta.

Setelah Teleskop James Webb menyelesaikan periode commissioning musim panas ini, teleskop akan ditugaskan dengan beberapa program quasar. Posisi bertengger Teleskop Webb di luar angkasa yang ideal, ditambah kepekaannya ekstrem terhadap cahaya rendah dan resolusi tinggi, akan membuat serangkaian pengamatan yang paling detail dari objek-objek yang sulit dipahami ini.

Teleskop James Webb akan melihat enam quasar paling jauh dan bercahaya untuk menempatkan objek-objek ini dalam garis waktu evolusi galaksi. Quasar juga akan digunakan untuk melihat distribusi gas antar galaksi.

Para ilmuwan tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang periode yang dikenal sebagai zaman reionisasi. Zaman ini terjadi 13 miliar tahun yang lalu, atau kurang dari satu miliar tahun setelah alam semesta terbentuk.