3 Planet yang Mengandung Air Selain Bumi, Nomor 2 Berukuran Masif

Sabtu, 25 Juni 2022 - 09:57 WIB
Dikutip dari laman scientificamerican, planet transit yang dijuluki K2-18 b ini mengorbit di zona layak huni. Posisinya berada dekat bintang bercahaya yang cukup untuk menghangatkan dunia dan memungkinkan air menggenang dan mengalir di permukaannya.

Planet K2-18 b yang ditemukan teleskop Kepler pada 2015 berukuran sedikit lebih besar dua kali ukuran Bumi dan hampir sembilan kali lebih masif. Kemungkinan dengan inti padat dari batu atau es yang dikelilingi oleh selubung hidrogen yang sangat tebaldan gas lainnya, termasuk uap air.



3. Planet d Nu2 Lupi



Dikutip dari laman indiatoday, planet d ditemukan dalam sebuah photobomb yang unik oleh Satelit Cheops milik Badan Antariksa Eropa (ESA). Planet d ditemukan secara tidak sengaja ketika Satelit Cheops mengamati dua planet di sistem bintang Nu2 Lupi terletak 50 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Lupus (Serigala).

Para astronom menemukan planet d saat bergerak melintasi bintang Nu2 Lupi dengan orbit lebih dari 100 hari. Planet d terlihat transit di sebuah bintang yang cukup terang untuk dapat dilihat dengan mata telanjang, tampaknya mengandung sejumlah besar awan air.

(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More