Pernah Diterpa Sejumlah Isu Konspirasi, Program Antena HAARP Ternyata untuk Teliti Jupiter

Kamis, 27 Oktober 2022 - 19:06 WIB
Salah satu eksperimen yang lebih unik, "Ghosts in the Airglow," akan menggabungkan penelitian seni dan atmosfer. Eksperimen ini akan menggunakan HAARP untuk memantulkan gambar, kata yang diucapkan, dan seni suara dari ionosfer, untuk mempelajari lebih lanjut tentang propagasi radio.

Fasilitas HAARP dibangun pada tahun 1993 dan awalnya dioperasikan oleh beberapa lembaga penelitian militer Amerika Serikat, termasuk Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), Air Force Research Laboratory dan Office of Naval Research. Pada 2015, kepemilikan fasilitas dialihkan ke UAF.



Meskipun digunakan untuk penelitian atmosfer atas, fasilitas ini telah menjadi subjek banyak teori konspirasi dalam hampir tiga dekade sejak dibangun. Beberapa menuduh pemerintah AS menggunakan fasilitas itu untuk mengubah cuaca, memicu gempa bumi, membuat "chemtrails" atau bahkan menyiarkan sinyal kendali pikiran.



Sampai saat ini, belum ada bukti fasilitas yang digunakan untuk pengendalian pikiran atau apa pun selain penelitian atmosfer. Menurut halaman "Pertanyaan yang Sering Diajukan" di situs web HAARP, "Sains saraf adalah bidang studi kompleks yang dilakukan oleh para profesional medis, bukan ilmuwan dan peneliti di HAARP."
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More