5 Fakta Ikan Candiru, Dijuluki Vampir Brasil yang Suka Bau Urine Manusia

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 16:22 WIB
Ikan Candiru mempunyai julukan yang mengerikan, yaitu sebagai ikan vampir dan ikan tusuk gigi. Ikan Candiru memakan darah dan umumnya ditemukan di rongga insang ikan lain. Duri di sekitar kepalanya kemudian menembus sisik ikan dan mengambil darah sambil menahannya di tempatnya.

Kemudian ikan Candiru menyeruput darah korban, sambil menggertakkan gigi panjang di rahang atasnya. Ikan Candiru kemudian melepaskan siripnya dan tenggelam ke dasar sungai untuk mencerna makanannya. Kebiasaan memakan darah ini membuatnya mendapat julukan, Ikan Vampir Brasil.



3. Tertarik dengan Bau Urine Manusia

Ikan Candiru sangat tertarik dengan bau, khususnya bau urine manusia. Disarankan tidak buang air kecil ketika berenang atau berendam di sungai Amazon. Ikan Candiri akan mengikuti aliran urine, berenang di dalam lubang dan menggunakan rangkaian duri untuk menempatkan dirinya di uretra, sehingga menyebabkan pendarahan.

Makanya, ikan Candiru kadang-kadang juga menyerang manusia dan diketahui masuk ke saluran kencing hewan yang mandi dan berenang. Begitu berada di Lorong organ vital itu, dia menegakkan duri pendek pada penutup insangnya. Akibatnya dapat menyebabkan peradangan, pendarahan, dan bahkan kematian pada korbannya.



4. Perenang yang Tidak Suka Matahari



Ikan Candiru merupakan perenang yang cepat dan kuat, karena mempunyai tubuh yang halus dan berlendir. Meskipun kecil, ikan Candiru memiliki gigi tajam dan duri mengarah ke belakang pada insangnya.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More