Drone Tempur Supersonik Kizilelma Turki Siap Uji Terbang, Punya Banyak Kecanggihan

Senin, 21 November 2022 - 21:43 WIB
Baykar telah mengembangkan drone Kizilelma dengan visibilitas radar rendah meskipun membawa senjata sebesar 1.500 kilogram. Pesawat tempur tak berawak juga akan memiliki kewaspadaan situasional yang tinggi dengan radar AESA yang akan diintegrasikan.

Drone Kızılelma dapat berkomunikasi dengan pusat operasi tentara, atau markas besar, baik secara langsung maupun tidak langsung. Jangkauan operasional drone Kizilelma antara 35.000 sampai 45.000 kaki dan 500 mil laut, dengan kecepatan jelajah hampir Mach 1.

Selain radar AESA yang telah disebutkan, juga dikembangkan di Turki, drone Kizilelma akan memiliki muatan tambahan seperti sistem panduan elektro-optik. Baykar mengatakan Kızılelma akan memiliki sistem panduan GPS independen.





Drone ini memiliki panjang 14,7 meter dan tinggi 3,3 meter. Baykar juga akan mengembangkan versi ultrasonik. Drone bermesin ganda ini memiliki berat lepas landas maksimum 6 ton dengan muatan 1.500 kg.

Kehadiran drone tempur supersonik Kizilelma mendongkrak citra Turki sebagai produsen drone tempur mumpuni. Baykar sebelumnya sukses membuat drone tempur Bayraktar TB2 yang sukses di medan perang Suriah, Libya, dan Ukraina. Kemudian ada drone tempur Akinci yang secara bertahap mulai dijual ke luar negeri.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More