4 Pesawat yang Mampu Lepas Landas dan Mendarat Vertikal, Nomor Terakhir Berteknologi Siluman

Rabu, 11 Januari 2023 - 16:03 WIB


Uni-Soviet berusaha menyaingi popularitas pesawat tempur Harrier yang memiliki kemampuan VTOL dengan membuat Yak-38 Forger yang diproduksi perusahaan dirgantara Yakovlev. Desain pesawat tempur Yak-38 terlihat sangat mirip dengan Harrier, namun pengoperasiannya sangat berbeda.



Sebab, Harrier menggunakan satu mesin dengan empat port vektor dorong terpisah. Sedangkan Yak-38 menggunakan satu mesin utama besar dan dua mesin kecil yang dipasang vertikal, khusus untuk lepas landas dan mendarat.

Yak-38 adalah satu-satunya pesawat tempur serang VTOL pertama Angkatan Laut Soviet yang berbasis di kapal induk kelas Kiev. Pesawat tempur Yak-38 pertama kali terbang pada tahun 1971 dan mulai beroperasi pada tahun 1976 tetapi saat ini sudah dipensiunkan.

Ada sebanyak 231 unit Yak-38 yang diproduksi dan dioperasikan hingga tahun 1991. Uni Soviet coba membuat penerusnya yang lebih canggih, yaitu Yak-141 atau Yak-41, namun dihentikan karena masalah biaya.

4. F-35B Lightning II



Pesawat tempur multi-peran F-35 Lightning disebut sebagai Program Joint Strike Fighter karena ada tiga versi pesawat yang tersedia untuk setiap cabang layanan. Hanya versi F-35B yang memiliki kemampuan lepas landas dan mendarat vertikal atau pendek (V/STOL).

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More