Begini Canggihnya Pesawat Pengintai AWACS NATO, Jangkauan Radarnya Mengawasi Seluruh Eropa

Sabtu, 21 Januari 2023 - 14:39 WIB
loading...
Begini Canggihnya Pesawat Pengintai AWACS NATO, Jangkauan Radarnya Mengawasi Seluruh Eropa
Pesawat E-3A AWACS yang populer dengan sebutan AWACS SkyEye berperan melakukan pengawasan udara dan fungsi komando, kontrol dan komunikasi (C3) untuk pasukan taktis dan pertahanan udara. Foto/nato/airforcetechnology
A A A
BERLIN - Pesawat Boeing E-3A Airborne Warning & Control System (AWACS) dibangun oleh Boeing Defense & Space Group. Sesuai namanya, NATO mengoperasikan pesawat AWACS sebagai sistem peringatan dan kontrol lintas udara.

Pesawat E-3A AWACS yang populer dengan sebutan AWACS SkyEye berperan melakukan pengawasan udara dan fungsi komando, kontrol dan komunikasi (C3) untuk pasukan taktis dan pertahanan udara. AWACS SkyEye yang tergabung dalam ISAF's 118th Tactical Fighter Wing "Mobius" menyediakan analisis data taktis dan dukungan logistik untuk pesawat ISAF (Independent State Allied Forces).

Dengan radar look-down E3 yang memiliki pandangan cakrawala 360 derajat, AWACS SkyEye memiliki jangkauan lebih dari 320 km pada ketinggian operasi. Radar tersebut dapat mendeteksi dan melacak target udara dan laut secara bersamaan.

Baca juga; Beriev A-100 Sukses Uji Terbang dengan Radar Aktif, Pesawat AWACS Rusia Ini Bisa Deteksi Jet Siluman

Dikutip dari laman nato, Sabtu (21/1/2023), pesawat E-3A AWACS dapat mendeteksi target terbang rendah dalam jarak 400 kilometer atau 215 mil laut. Pada ketinggian menengah, dapat mendeteksi target dalam jarak 520 kilometer atau 280 mil laut.

Satu unit pesawat E-3A AWACS yang terbang pada ketinggian 9.150 meter atau 30.000 kaki memiliki jangkauan radar seluas 312.000 kilometer persegi. Jadi jika ada tiga unit pesawat E-3A yang mengudara dalam konfigurasi di orbit, maka dapat memberikan jangkauan radar lengkap di seluruh Eropa Tengah.

Kemampuan ini akan memberi operator keunggulan di ruang pertempuran dan terus meningkat, melalui teknologi seperti radar active electronically-scanned array (AESA). Boeing memproduksi sistem khusus dengan radome berputar atau rotodome yang menggabungkan radar Westinghouse (sekarang Northrop Grumman).

Dikutip dari laman airforce-technology, dalam peran taktis, pesawat E-3A AWACS dapat mendeteksi dan melacak pesawat musuh yang beroperasi di ketinggian rendah di medan apa pun. Bahkan dapat mengidentifikasi dan mengendalikan pesawat di wilayah udara yang sama.

Baca juga; Darurat Perang Bikin Ukraina Incar MiG-21 Rumania, Ini Keunikan Pesawat Tempur Antik Era Uni-Soviet

Dalam peran pertahanan strategis, pesawat E-3A AWACS menyediakan sarana untuk mendeteksi, mengidentifikasi, melacak, dan mencegat ancaman udara. Pesawat E-3A AWACS memiliki empat awak pesawat, terdiri daridua pilot, navigator dan insinyur penerbangan, serta 13 perwira. Pesawat E3B dan C memiliki 18 perwira dan awak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2200 seconds (10.101#12.26)