5 Penemuan Ibnu Sina yang Berpengaruh Besar bagi Dunia

Senin, 30 Januari 2023 - 15:44 WIB
loading...
A A A
Penggunaan minyak esensial telah dilakukan sejak zaman dulu, khususnya ketika melakukan penyembahan dan ritual. Hal ini banyak dilakukan oleh orang Mesir, Yunani, hingga China dan India.

Mengutip laman Ifaroma, Ibnu Sina telah menulis banyak buku yang menjelaskan berbagai efek tumbuhan pada tubuh. Melalui karya-karyanya, dia juga dianggap telah menyempurnakan metode distilasi dengan membuat koil berpendingin.

Salah satu kesuksesan atas hasil temuan metode distilasi ini adalah produksi minyak esensial Rosa Centifolia. Hal ini juga membuatnya banyak disebut sebagai pelopor penggunaan aromaterapi.

Baca juga : 3 Penemuan Penting Stephen Hawking

3. Teori Penularan TBC

Salah satu penemuan Ibnu Sina yang cukup terkenal adalah terkait teori penularan penyakit TBC. Seperti yang diketahui, masalah kesehatan tersebut sangatlah berbahaya dan mudah menular.

Suatu ketika, Ibnu Sina mendapat sebuah penemuan terkait penyakit TBC ini. Awalnya, penemuan tersebut sempat tidak diterima oleh ilmuwan barat karena merasa buktinya kurang.

Namun, setelah ditemukannya mikroskop, pada akhirnya teori penularan TBC Ibnu Sina berhasil dibuktikan kebenarannya dan banyak diterapkan di dunia medis.

4. Penemu Manfaat Etanol

Etanol merupakan bentuk cairan yang biasa digunakan pada bidang kedokteran. Dalam riwayatnya, Ibnu Sina juga pernah membuat penemuan yang berkaitan dengan senyawa tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)