5 Misteri Titanic yang Masih Bikin Gempar dan Tidak Terjawab hingga Kini

Selasa, 31 Januari 2023 - 07:30 WIB
loading...
A A A
Dalam film Titanic, dia digambarkan berdiri di pagar buritan, tepat di sebelah protagonis fiksi Jack (Leonardo DiCaprio) dan Rose (Kate Winslet).

Charles Joughin terus berpegangan pada Titanic hingga seluruh badan kapal tenggelam bersamanya. Setelah melepaskan pegangan dari kapal dia terapung-apung di air selama dua jam dengna suhu di bawah titik beku atau minus dua derajat celcius.

Charles Joughin mengaku sempat minum alkohol dalam jumlah besar sebelum terapung di laut. Dia menduga hal itu bisa membuat badannya hangat selamat terapung di laut.

Tapi sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa ini tidak mungkin. Meski umumnya diyakini menghangatkan tubuh, konsumsi alkohol terbukti justru menurunkan suhu tubuh dalam cuaca dingin, sehingga memperparah risiko hipotermia.



5 Misteri Titanic yang Masih Bikin Gempar dan Tidak Terjawab hingga Kini


4. Misteri Jumlah Perahu Penyelamat yang Minim

Titanic mengangkut 2.224 penumpang sekaligus. Jumlah yang besar itu harusnya diimbangi dengan perahu penyelamat atau sekoci yang cukup.

Sayangnya hal itu tidak dipenuhi oleh Titanic. Total hanya ada 20 sekoci dibawa Titanic dan hanya bisa menampung 1.178 orang. Artinya sekoci yang ada cuma bisa membawa setengah dari total penumpang.

Banyak yang menyayangkan minimnya sekoci itu. Banyak yang menduga terlalu banyak sekoci akan mengotori geladak dan mengaburkan pemandangan laut bagi penumpang kelas satu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2375 seconds (0.1#10.140)