Seperti Serial Zombie The Last of Us, Jamur Ternyata Bisa Ngobrol hingga 50 Kata

Senin, 06 Februari 2023 - 07:16 WIB
Ilmuwan menemukan bahwa laju impuls meningkat ketika hifa jamur pencerna kayu bersentuhan dengan balok kayu. Terbukti jamur menggunakan “bahasa” listrik ini untuk berbagi informasi tentang makanan atau cedera dengan bagian yang jauh dari diri mereka sendiri atau bahkan dengan pohon.

Prof Andrew Adamatzky dari University of the West of England di Bristol telah menganalisis pola lonjakan listrik yang dihasilkan oleh empat spesies jamur. Yakni jamur enoki, split gill (jamur pelapuk), jamur hantu, dan jamur ulat.

“Kami tidak tahu apakah ada hubungan langsung antara pola spiking pada jamur dan ucapan manusia. Mungkin tidak,” kata Adamatzky. “Tapi ada banyak kesamaan dalam pemrosesan informasi pada substrat hidup dari famili dan spesies berbeda,” tambahnya.

Penelitian yang dipublikasikan di Royal Society Open Science menemukan bahwa pola lonjakan listrik itu menyerupai kosakata hingga 50 kata dan sangat cocok saat diterjemahkan ke bahasa manusia.

Meski begitu, ilmuwan lain ingin melihat lebih banyak bukti sebelum mereka bersedia menerimanya sebagai bentuk bahasa.

“Penelitian ini mendeteksi pola ritmis dalam sinyal listrik, dengan frekuensi yang sama dengan pulsa nutrisi yang kami temukan,” kata Dan Bebber, profesor biosains di University of Exeter.

“Meski menarik, interpretasi sebagai bahasa tampaknya terlalu luar biasa. Butuh lebih banyak penelitian dan pengujian hipotesis kritislagi,”katanya.