Sketsa Leonardo da Vinci yang Hilang Terungkap, Terangkan Aspek Gravitasi 400 Tahun Sebelum Einstein

Kamis, 16 Februari 2023 - 23:00 WIB
loading...
Sketsa Leonardo da Vinci yang Hilang Terungkap, Terangkan Aspek Gravitasi 400 Tahun Sebelum Einstein
Patung Leonardo da Vinci di Uffizi Gallery di Kota Florence, Italia. Leonardo da Vinci dalam catatan Codex Arundel yang ditulis antara tahun 1480 dan 1518 telah menerangkan aspek gravitasi. Foto/Live Science/Caltech/British Museum
A A A
JENEWA - Sketsa dan catatan Leonardo da Vinci yang terlupakan selama beberapa dekade ternyata telah menerangkan aspek gravitasi. Berarti Leonardo da Vinci dalam catatan Codex Arundel sudah memahami aspek gravitasi 400 tahun lebih dahulu sebelum Albert Einstein .

Catatan aspek gravitasi Leonardo da Vinci dimuat dalam Codex Arundel yang ditulis antara tahun 1480 dan 1518. Sedangkan Albert Einstein pertama kali merumuskan gagasan bahwa gravitasi dan percepatan adalah sama, yang disebut prinsip kesetaraan, pada tahun 1907.

Fakta ini diungkap seorang profesor aeronautika dan teknik medis Caltech Mory Gharib beserta rekan-rekannya dari Cornell dan University of Applied Sciences and Arts Western Switzerland di Jenewa. “Leonardo da Vinci mungkin memiliki pemahaman tentang gravitasi berabad-abad lebih awal dari zamannya,” kata Gharib dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (16/2/2023).



Leonardo Da Vinci menunjukkan dalam catatan melakukan percobaan menggunakan kendi berisi air yang dipindahkan sepanjang garis lurus, dan air terus menetes. Dalam diagram yang dibuat, dia tahu tetesan air akan jatuh secara vertikal, dan akan dipercepat ke bawah karena gravitasi.

Leonardo da Vinci juga menggambar bentuk tetesan saat kendi dipindahkan dengan kecepatan konstan, menunjukkan garis miring saat kendi dipindahkan. Catatan Leonardo da Vinci memperjelas bahwa dia tahu partikel akan berakselerasi ke bawah, dan begitu meninggalkan kendi, percepatan ini hanya disebabkan oleh gravitasi.
Sketsa Leonardo da Vinci yang Hilang Terungkap, Terangkan Aspek Gravitasi 400 Tahun Sebelum Einstein


Hal menarik bagi para peneliti adalah Leonardo da Vinci menggambar satu diagram yang mencatat bahwa jika kendi dipercepat dengan kecepatan yang sama dengan percepatan gravitasi air yang jatuh ke tanah, akan membentuk pola segitiga sama sisi. Di sini Leonardo da Vinci juga menulis catatan "Equatione di Moti", yang diterjemahkan oleh tim peneliti sebagai "kesetaraan gerakan".

Padahal prinsip kesetaraan gerakan ini dikenalkan Albert Einstein pada tahun 1907 ketika pertama kali merumuskan gagasan bahwa gravitasi dan percepatan adalah sama. "Yang menarik perhatian saya adalah ketika dia menulis 'Equatione di Moti' pada sisi miring salah satu sketsa segitiganya, yang merupakan segitiga sama kaki,” kata Gharib.



Leonardo da Vinci tampaknya mendemonstrasikan pemikiran yang jauh di depan zamannya, bahwa gravitasi adalah salah satu bentuk percepatan. Namun, ketika harus menggambarkan percepatan secara matematis, dia keluar jalur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4571 seconds (0.1#10.140)