AS Gunakan Teknologi Parasut Baru untuk Kargo Udara, Lebih Cepat Dipasang dan Dilepas

Selasa, 07 Maret 2023 - 16:13 WIB
loading...
AS Gunakan Teknologi Parasut Baru untuk Kargo Udara, Lebih Cepat Dipasang dan Dilepas
Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) sukses menguji sistem parasut untuk mengirim kargo dengan teknologi terbaru Rapid Rigging De-Rigging Airdrop System (RRDAS). Foto/US Army/NewAtlas
A A A
WASHINGTON - Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) sukses menguji sistem parasut untuk mengirim kargo dengan teknologi terbaru Rapid Rigging De-Rigging Airdrop System (RRDAS). Sistem parasut baru ini dapat digunakan kembali 25% lebih cepat dipasang dan 40% lebih cepat dilepas setelah mendarat.

Sistem parasut baru ini diuji coba di Yuma Proving Ground di Arizona untuk menyempurnakan pengiriman kargo udara yang dikembangkan selama Perang Dunia Kedua. Penerjunan kargo dari udara dengan parasut berkembang menjadi prosedur standar untuk memasok pasukan ke daerah yang tidak dapat diakses.

Pengiriman kargo lewat udara dengan parasut menimbulkan beberapa risiko, seperti sentakan keras saat mendarat. Kondisi ini timbul karena menggunakan palet besar saat mengirim peralatan atau kendaraan tempur keluar dari belakang pesawat.



Untuk mengurangi ini, sistem parasut jatuh menggunakan beberapa inci karton seperti sarang lebah di lantai palet baja. Karton berbentuk sarang lebah ini kemudian runtuh karena menyerap energi untuk menghindari kerusakan pada kiriman kargo.
AS Gunakan Teknologi Parasut Baru untuk Kargo Udara, Lebih Cepat Dipasang dan Dilepas


Kendalanya, pemasangan kardus sarang lebah membutuhkan waktu karea dipasang bersama dengan parasut dan pengekang. Proses ini dikenal dengan one-and-done system atau sistem satu-dan-selesai.

Setelah dijatuhkan, karton harus dilepas dari palet dan dibuang menggunakan kapak, sekop, dan beliung (linggis) sebelum muatan seperti Jeep dapat dipindahkan. Ini tidak hanya melelahkan, tetapi juga menghabiskan waktu bagi tentara untuk berlindung sebelum pasukan musuh menyergap.

Untuk meringankan risiko ini, Angkatan Darat sedang menguji beberapa opsi, termasuk teknologi Rapid Rigging De-Rigging Airdrop System (RRDAS). Sistem ini menggantikan sebagian besar karton dengan satu set kantong udara kain yang dilipat di bawah palet.



Kantong udara ini terbuka dan mengembang di bawah tekanan setelah kargo turun dan menyerap energi saat hentakan pendaratan. Menurut Angkatan Darat AS, kantong udara tas dapat digunakan kembali, dapat mengembang di ketinggian hanya 230 meter dan dapat menahan beban hingga 10.000 kg.
AS Gunakan Teknologi Parasut Baru untuk Kargo Udara, Lebih Cepat Dipasang dan Dilepas


Dalam pengujian, kantong udara kain mengurangi waktu rigging (pemasangan) sebesar 25% dan de-rigging (pelepasan) sebesar 40%. Selain itu, RRDAS menyertakan cadik untuk menjaga muatan tetap tegak saat mendatar di tanah jika beban agak berat.

“Kami akan dapat menambah beban muatan dan panjang platform sehingga dapat menurunkan kargo yang lebih berat,” kata Mayor Matthew Rohe, Asisten Manajer Produk untuk Pengiriman Udara Kargo di Dukungan Tempur Kantor Eksekutif Program Angkatan Darat AS dan Dukungan Layanan Tempur dikutip dari laman NewAtlas, Selasa (7/3/2023).
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1659 seconds (0.1#10.140)