Astronom Abadikan Momen Tabrakan Galaksi, Ledakannya Seperti Sayap Kupu-kupu

Rabu, 05 April 2023 - 17:47 WIB
Saat galaksi melayang berdekatan satu sama lain, galaksi dapat menarik salah satu lengan spiral utama galaksi yang lebih besar, menariknya keluar dari orbitnya. Atau galaksi sebenarnya dapat bersinggungan dengan galaksi yang lebih besar, menyebabkan distorsi yang signifikan pada strukturnya sendiri.

Dalam semua skenario ini, materi dari kedua galaksi bercampur melalui penggabungan dan redistribusi gas secara bertahap, seperti dua genangan cairan yang perlahan-lahan mengalir satu sama lain.

Pengumpulan dan kompresi gas yang dihasilkan kemudian dapat memicu pembentukan bintang, menurut pernyataan dari observatorium. Ketika Galaksi Taffy bertabrakan, piringan galaksi dan komponen gasnya saling bertabrakan. Hal ini mengakibatkan injeksi energi besar-besaran ke dalam gas.

Saat pasangan itu muncul dari tabrakan mereka, gas berkecepatan tinggi ditarik dari masing-masing galaksi, menciptakan jembatan gas masif di antara mereka.

Turbulensi material bintang di seluruh jembatan menolak pengumpulan dan kompresi gas yang diperlukan untuk membentuk bintang baru.