Astronom Abadikan Momen Tabrakan Galaksi, Ledakannya Seperti Sayap Kupu-kupu

Rabu, 05 April 2023 - 17:47 WIB
Astronom Abadikan Momen Tabrakan Galaksi, Ledakannya Seperti Sayap Kupu-kupu
Tabrakan galaksi. Foto: Istimewa
JAKARTA - Astronom berhasil menangkap tabrakan dua galaksi yang berjarak 180 juta tahun cahaya dari bumi. Pemandangan spektakuler itu terlihat seperti kupu-kupu yang mengepakkan sayap atau permen raksasa.

Melansir dari Metro, Rabu (5/4/2023), galaksi yang bertabrakan adalah UGC 12914 dan UGC 12915.

Momen tabrakan yang menghasilkan visualisasi sangat menakjubkan itu dijuluki sebagai 'Taffy Galaxies' karena bentuk tabrakannya menyerupai merek permen terkenal.

Ditangkap oleh teleskop Gemini North di Hawaii, menurut para astronom bentuk sayap ini adalah hasil dari tabrakan langsung yang terjadi sekitar 25 juta tahun sebelum momen tabrakan berhasil diabadikan dalam bentuk gambar.

Di antara kepakan sayap terdapat sebuah jembatan renggang terdiri dari filamen molekul sempit, ditampilkan dalam warna coklat, dan gumpalan gas hidrogen, ditampilkan dalam warna merah, dapat dilihat di antara dua galaksi.

Hasil tangkapan ini membuktikan bahwa teleskop Gemini Utara, bersama rekannya yang berbasis di Cile, Gemini Selatan, meruoakan salah satu teleskop tercanggih di dunia yang dapat mendeteksi cahaya optik dan inframerah.

Seperti diketahui, tabrakan galaksi adalah peristiwa transformatif, yang mendorong evolusi alam semesta.

Pencampuran dan pembauran material bintang adalah proses yang sangat dinamis yang dapat mengarah pada pembentukan awan molekuler yang dihuni oleh bintang-bintang yang baru terbentuk.