Anjing Anda Ternyata Bisa Cemburu, Kenali Tanda-tandanya!

Selasa, 25 April 2023 - 21:49 WIB
loading...
Anjing Anda Ternyata Bisa Cemburu, Kenali Tanda-tandanya!
Anjing bisa cemburu kepada pemiliknya, karena merasa memiliki ikatan yang erat. Foto: dok Pet Dog Owner
A A A
JAKARTA - Sebagai hewan yang dikenal dekat dengan manusia, anjing punya ikatan yang kuat dengan pemiliknya. Hal ini bisa dibangun melalui interaksi yang rutin. Bahkan, dari hasil riset terbaru, ternyata anjing bisa cemburu dengan manusia.

Dilansir dari Mental Floss, Selasa (25/4), hasil studi Plos One membuktikan bahwa anjing memang bisa cemburu ketika mereka melihat ada saingan lain yang menarik perhatian manusia.

Untuk menguji kebenarannya, Profesor Psikologi University of California San Diego Christine Harris serta mantan mahasiswa kehormatan Caroline Prouvost mengadakan eksperimen. Mereka mencoba menempatkan 36 ekor anjing bersama pemiliknya dalam satu ruangan.

Dalam ruangan itu dipasangi kamera untuk melihat kejadian yang ada di dalamnya. Masing-masing pemilik anjing nantinya akan diberikan 3 benda, yaitu boneka anjing, jack-o-lantern (semacam hiasan Halloween), dan sebuah buku yang dapat bersuara.

Setiap pemilik diarahkan untuk mengabaikan anjingnya sendiri. Mereka diinstruksikan agar bermain dengan boneka anjing dan jack-o-lantern tersebut layaknya seperti anjing sungguhan.

Buku tersebut sebagai pengontrol seolah-olah pemilik membacakan dengan keras kepada anak kecil.

Para pengamat kemudian menemukan bahwa anjing memperlihatkan tanda cemburu. Ada perilaku agresif, mengganggu, dan mencari perhatian yang berindikasi kecemburuan. Sebagian besar anjing terlihat mendorong atau menyentuh pemiliknya.

Mereka juga menggonggong atau membentak objek ketika sang pemilik menyentuh atau berinteraksi dengan mainan anjing tersebut. Hal ini berbeda dengan jack-o-lantern yang tampaknya tidak begitu berpengaruh bagi anjing.

Anjing Anda Ternyata Bisa Cemburu, Kenali Tanda-tandanya!

Peneliti juga menyimpulkan sekitar 86 persen anjing mencium bagian belakang dari boneka mainan tersebut. Itu artinya mereka benar-benar menganggap boneka tersebut sebagai anjing sungguhan.



Reaksi kecemburuan ini diperkirakan lebih terlihat apabila pemiliknya berinteraksi dengan anjing sungguhan.

Hal ini dikarenakan adanya interaksi timbal balik di antara mereka yang semakin memicu rasa cemburu anjing peliharaan. Tak hanya itu, hasil eksperimen juga menyimpulkan bahwa kecemburuan anjing tidak hanya sebatas tidak suka, namun mereka juga ingin memutus hubungan pemiliknya dengansaingannyaitu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1222 seconds (0.1#10.140)