Kucing Pasir, Hewan Menggemaskan yang Mampu Bertahan di Gurun Tanpa Minum Air

Senin, 01 Mei 2023 - 18:18 WIB
loading...
A A A
Meskipun terlihat seperti kucing rumahan, tapi jangan salah, kucing pasir ini adalah pemburu yang berpengalaman. Meskipun matanya lucu bak tokoh kartun, ketika kucing pasir melihat mangsanya seperti tikus kecil, akan langsung merayap, menyelinap di sepanjang pasir, dan akhirnya menangkap mangsanya dalam sekejap mata.

Kucing pasir tidak pilih-pilih, mereka akan memakan apa saja yang bisa diburu, asal berukuran lebih kecil dari dirinya. Di Sahara, mereka terutama berburu hewan pengerat kecil dan kelinci. Tapi mereka juga memakan kadal, ular, dan bahkan beberapa ikan.
Kucing Pasir, Hewan Menggemaskan yang Mampu Bertahan di Gurun Tanpa Minum Air


Jika mereka berburu lebih dari yang bisa mereka makan, mereka biasanya akan mengubur sisa-sisanya dan kembali lagi nanti. Kucing pasir masuk daftar sebagai spesies “hampir terancam” oleh IUCN karena berkurangnya habitat mereka.



Ekosistem gersang yang rentan dengan cepat terdegradasi oleh pemukiman dan aktivitas manusia, terutama penggembalaan ternak. Mereka sangat sulit berkembang biak di penangkaran dan rentan terhadap sejumlah penyakit pernapasan.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1985 seconds (0.1#10.140)