Bayi di Inggris Dilahirkan dengan Teknik Eksperimental Penggabungan 3 DNA

Kamis, 11 Mei 2023 - 11:21 WIB
Bayi di Inggris Dilahirkan dengan Teknik Eksperimental Penggabungan 3 DNA
Bayi eksperimental penggabungan 3 DNA lahir di Inggris. Foto: Istimewa
JAKARTA - Bayi di Inggris lahir dengan teknik eksperimental yang menggabungkan DNA dari tiga orang. Teknik ini digunakan untuk mencegah anak-anak mewarisi penyakit genetik langka dari orang tuanya.

Dilansir dari AP News, Otoritas Pemupukan dan Embriologi Manusia Inggris mengatakan, kurang dari lima bayi telah dilahirkan dengan cara ini, di Inggris. Sayang, mereka tidak merincinya lebih lanjut.

"Pada 2015, Inggris menjadi negara pertama yang mengadopsi metode pengatur undang-undang untuk membantu mencegah wanita dengan mitokondria mencelakakan bayi mereka," kata laman itu, dikutip Rabu (10/5/2023).

Cacat genetik dapat mengakibatkan penyakit, seperti distrofi otot, epilepsi, masalah jantung, dan kecacatan intelektual. Sekitar satu dari 200 anak, di Inggris, dilahirkan dengan gangguan mitokondria.

Sampai saat ini, sebanyak 32 pasien tengah menjalani perawatan akibat gangguan mitokondria tersebut.

"Untuk seorang wanita dengan mitokondria, para ilmuwan mengambil bahan genetik dari telur atau embrio, yang kemudian dipindahkan ke telur donor atau embrio yang masih memiliki mitokondria yang sehat," jelasnya.

Namun, dengan catatan masih memiliki sisa DNA kuncinya. Embrio yang dibuahi, kemudian dipindahkan ke dalam rahim ibu. Bahan genetik dari telur yang disumbangkan terdiri dari kurang 1%.

"Perawatan donasi mitokondria menawarkan keluarga dengan penyakit mitokondria parah kemungkinan anak yang sehat. Tetapi ini hanya hari-hari awal," sambungnya.

Mereka berharap, sejumlah ilmuwan dari Universitas Newcastle juga terlibat dan segera menerbitkan penelitian itu.