6 Potret Hewan Pertama di Bumi, Paling Tua Berusia 558 Juta Tahun

Jum'at, 19 Mei 2023 - 16:00 WIB
loading...
A A A

3. Charnia

6 Potret Hewan Pertama di Bumi, Paling Tua Berusia 558 Juta Tahun

Dasar laut Ediacaran tempat Dickinsonia merangkak dihuni oleh berbagai makhluk hidup seperti pakis yang berlabuh di dasar. Salah satu organisme itu adalah Charnia, fosil pertama yang dikonfirmasi berasal dari batuan sebelum periode Kambrium, dan oleh karena itu secara resmi memulai studi tentang biota Ediacaran.

Setelah penemuannya di Inggris pada tahun 1958, kemunculan daun dengan cabang bergantian sepanjang dua meter menunjukkan bahwa itu adalah sejenis alga. Namun, ketika diketahui bahwa ia hidup di perairan yang terlalu dalam untuk melakukan fotosintesis, dia diklasifikasikan kembali sebagai pennatulacean, sekelompok hewan modern yang berkerabat dengan karang.



4. Kimberella

6 Potret Hewan Pertama di Bumi, Paling Tua Berusia 558 Juta Tahun

Seperti Dickinsonia, Kimberella mungkin adalah hewan yang menghuni lautan terestrial 555 juta tahun yang lalu. Simetri bilateral tubuhnya telah menyebabkan beberapa ilmuwan mengusulkan bahwa spesies saat ini telah mewarisi rencana dasar organisasi dari nenek moyang jauh kita di biota Ediacaran.

Awalnya pada tahun 1966, Kimberella pertama kali diidentifikasi sebagai ubur-ubur. Namun, pada tahun 1997 studi yang lebih rinci tentang strukturnya dan apa yang tampak seperti tanda radula (lidah bergigi) menunjukkan bahwa itu harus diklasifikasikan sebagai nenek moyang moluska siput laut modern.



5. Andiva

6 Potret Hewan Pertama di Bumi, Paling Tua Berusia 558 Juta Tahun

Kumpulan fosil yang banyak ditemukan di setidaknya 25 situs Ediacaran di seluruh dunia memunculkan gambaran panorama dasar laut. Semua menunjukkan berbagai bentuk kehidupan yang rata merayap atau merangkak mencari makanan.

Bersamaan dengan Dickinsonia, makhluk mirip tikar prasejarah lainnya adalah Andiva, organisme dengan panjang hingga 10 sentimeter yang tubuhnya mungkin ditutupi oleh cangkang tipis yang lunak. Ketika menganalisis fosil Andiva, karakteristik anatomisnya menunjukkan ini mungkin juga binatang.



6. Funisia

6 Potret Hewan Pertama di Bumi, Paling Tua Berusia 558 Juta Tahun

Dalam keragaman bentuk kehidupan Zaman Ediacaran, Funisia mewakili cacing. Cacing bukanlah taksonomi biologis, tetapi hanya menggambarkan sekelompok hewan heterogen yang memiliki kesamaan bentuk silinder dan tubuh lunak tanpa anggota tubuh.

Funisia mungkin salah satu penemu organisasi tubuh ini. Pertama kali dijelaskan pada tahun 2008, dia hidup dalam koloni yang bereproduksi secara seksual. Menjadikannya sebagai yang tertua dari metode reproduksi ini pada hewan. Klasifikasinya belum ditentukan dengan jelas, meskipun telah diusulkan masuk ke dalam kelompok porifera (spons) atau cnidaria.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2331 seconds (0.1#10.140)