Mengerikan! Arkeolog Temukan Jejak Kematian Hitam di Catalonia Spanyol

Selasa, 30 Mei 2023 - 09:17 WIB
Mengerikan! Arkeolog Temukan Jejak Kematian Hitam di Catalonia Spanyol
Ilustrasi wabah kematian hitam. Foto: Istimewa
JAKARTA - Arkeolog dari Universitat Autonoma de Barcelona (UAB) menemukan jejak Yersinia Pestis (The Black Death) di sisa-sisa manusia yang ditemukan, di Catalonia, Spanyol.

Black death atau Kematian hitam adalah pandemi wabah yang terjadi di Eurasia Barat dan Afrika Utara, dari 1346 hingga 1353. Ini adalah pandemi paling fatal yang dicatat dalam sejarah manusia.

"Menyebabkan kematian 75-200 juta orang, dan memuncak di Eropa dari 1347 hingga 1351," tulis Heritage Daily, dikutip Selasa (30/5/2023).

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Yersinia Pestis, coccobacillus yang tidak motil yang dapat menginfeksi manusia melalui kutu tikus oriental (Xenopsylla cheopis). Selama pandemi Black Death, bakteri ini menyebar dari kontak orang ke orang melalui aerosol, sehingga menyebabkan wabah pneumonik.

"Asal usul kematian hitam diperdebatkan. Namun, bukti genetik menunjukkan, bahwa Yersinia Pestis berevolusi 2.600 tahun yang lalu di pegunungan Tian Shan, di perbatasan antara Kirgistan dan China," jelasnya.

Sisa-sisa di Catalonia ditemukan selama pekerjaan konstruksi untuk memperluas markas Budaya Museum Budaya Anggur Catalonia (Vinseum). Sekitar 129 orang diidentifikasi berasal dari abad ke-14, di mana 60 di antaranya adalah anak di bawah umur.

Necropolis sama sekali tidak diketahui sampai penemuannya dibangun di dekat dua rumah sakit, di gang yang kemudian ditutup dan dibangun. Karena sejumlah besar orang yang tumpang tindih di kuburan, para peneliti menyarankan, bahwa penduduk Vilafranca del Penedes tunduk pada periode kematian bencana tanpa bukti konflik.

Sebuah studi genetik dan DNA dilakukan pada 16 penguburan di laboratorium DNA unit antropologi biologis universitas, yang mendeteksi DNA Yersinia Pestis pada 7 dari 16 orang yang dianalisis.

"Ini tidak berarti bahwa sisanya tidak mati karena infeksi. Ini telah menjadi tugas yang sulit, karena degradasi DNA lama yang melekat, tetapi juga karena campuran DNA manusia dan kemungkinan patogen dengan DNA lingkungan," pungkasnya.