Gara-gara Ingin Bercinta, Paus Mata-mata Rusia Ini Membelot

Kamis, 01 Juni 2023 - 19:55 WIB
loading...
Gara-gara Ingin Bercinta, Paus Mata-mata Rusia Ini Membelot
Seekor paus beluga putih dengan tali kekang bertuliskan Peralatan St. Petersburg muncul di lepas pantai Finnmark di Norwegia utara. Foto/Live Science/Shutterstock
A A A
OSLO - Seekor paus beluga putih dengan tali kekang bertuliskan "Peralatan St. Petersburg" muncul di lepas pantai Finnmark di Norwegia utara. Beluga jantan yang dicurigai sebagai mata-mata Rusia ini keluar dari wilayah dan menunjukkan diri karena sedang mencari beluga betina untuk bercinta.

Beluga jantan (Delphinapterus leucas) berwarna putih ini diperkirakan berusia antara 13 dan 14 tahun. Cetacea rahasia, yang dikenal sebagai Hvaldimir ini pertama kali terlihat pada April 2019 di perairan dingin di lepas pantai Finnmark.

Beluga jantan ini dicurigai sebagai mata-mata karena mengenakan tali kekang seperti baju zirah yang memiliki ruang kamera GoPro dan peralatan mata-mata potensial lainnya. Saat ditemukan, tidak ada peralatan apa pun, hanya tertinggal tali kekang di tubuhnya bertuliskan "Peralatan St. Petersburg".



Hvaldimir juga tidak menunjukkan rasa takut pada manusia, ini menandakan beluga telah dibesarkan atau setidaknya dilatih oleh manusia. Ini semakin memicu spekulasi bahwa beluga ini adalah seorang mata-mata.

Rusia tidak pernah secara resmi mengomentari tuduhan tersebut. OneWhale, organisasi nirlaba Norwegia yang didedikasikan untuk melindungi Hvaldimir, mengatakan bahwa selama tiga tahun terakhir, dia menghabiskan sebagian besar waktunya di Norwegia utara.

Tetapi pada 28 Mei, OneWhale melihat Hvladimir di dekat Hunnebostrand, lepas pantai barat daya Swedia, setelah dengan cepat bergerak ke selatan. “Kami tidak tahu [persis] mengapa kecepatannya begitu cepat,” kata Sebastian Strand, ahli biologi kelautan dari organisasi OneWhale, kepada AFP dikutip SINDOnews dari laman Live Science, Kamis (1/6/2023).

Diduga Hvalidimir sedang ingin mencari jodoh dan bercinta karena usianya sudah cukup matang untuk berkembang biak. “Bisa jadi hormon mendorongnya untuk mencari jodoh, jadi dia sangat cepat menjauh dari lingkungan alaminya,” tambah Strand.



Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), kebanyakan beluga jantan mencapai kematangan seksual pada saat berusia 15 tahun. Jadi hormon Hvalidimir bisa mendorongnya untuk mencari jodoh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2441 seconds (0.1#10.140)