Gara-gara Ingin Bercinta, Paus Mata-mata Rusia Ini Membelot

Kamis, 01 Juni 2023 - 19:55 WIB
loading...
A A A
Strand menambahkan, paus penyendiri juga bisa saja mencari beluga lain terlepas dari jenis kelaminnya. Beluga adalah makhluk yang sangat sosial, dan para peneliti menduga bahwa Hvaldimir belum melakukan kontak dengan anggota lain dari spesiesnya sendiri sejak mereka mulai melacaknya pada tahun 2019.

Terlepas dari motivasinya, Hvaldimir berjalan ke arah yang salah. Paus beluga hanya hidup di Arktik tinggi di daerah seperti kepulauan Svalbard Norwegia, Greenland, Kanada, dan Rusia. Tidak ada populasi beluga yang diketahui di perairan sekitar Swedia.

Para ahli tidak yakin mengapa Hvaldimir pergi ke arah yang salah, tetapi bisa jadi dia dilepaskan ke perairan Norwegia dari rumahnya di Rusia sebagai bagian dari misinya. Jadi dia tidak memiliki pengetahuan tentang bagian dunia ini.



Mungkin juga dia menghabiskan waktu lama di penangkaran, yang mungkin menumpulkan insting alaminya. Sejauh ini, Hvaldimir tampaknya dalam keadaan sehat dan terlihat berburu salmon liar di dekat peternakan ikan di sepanjang perbatasan Norwegia dengan Swedia.
Gara-gara Ingin Bercinta, Paus Mata-mata Rusia Ini Membelot


Tetapi penampakan sebelumnya menunjukkan dia mungkin telah kehilangan berat badan, dan para ahli khawatir bahwa dia akan berjuang untuk menemukan makanan yang cukup jauh di selatan. OneWhale meminta izin dari otoritas Swedia untuk menangkap Hvaldimir dan membawanya ke fyord di Norwegia, yang dapat dijadikan tempat perlindungan bagi paus untuk menghabiskan sisa hari-harinya dengan damai.

Sepasang beluga penangkaran dari China berhasil dilepaskan ke tempat perlindungan serupa di Islandia pada tahun 2020. Data dari NOAA, paus beluga sering hidup hingga usia sekitar 40 tahun tetapi dapat hidup hingga 70 tahun.

Menurut Pusat Informasi Perang Angkatan Laut, ini bukan pertama kalinya Rusia dicurigai melatih cetacea untuk keperluan militer. Pada April 2022, citra satelit menunjukkan bahwa negara tersebut telah melatih lumba-lumba untuk menjaga salah satu pangkalan Laut Hitam di Krimea. Angkatan Laut AS juga telah melatih lumba-lumba dan singa laut untuk operasi militer sejak 1959.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2128 seconds (0.1#10.140)