Siap Saingi China, Matahari Buatan Inggris Panasnya Capai 100 Juta Derajat Celcius

Sabtu, 03 Juni 2023 - 09:55 WIB
loading...
A A A
Plasma yang sering disebut sebagai materi keempat setelah padat, cair, dan gas, menyusun lebih dari 99% alam semesta yang terlihat dan membentuk sebagian besar struktur matahari. Di dalam Tokamak, plasma terperangkap dan ditekan oleh medan magnet hingga partikel plasma berenergi mulai bertabrakan.

Saat partikel melebur menjadi helium, mereka melepaskan sejumlah besar energi, seperti yang terjadi di Matahari. Meskipun inti matahari terbakar sekitar 15 juta derajat Celcius, suhu reaktor Tokamak harus jauh lebih tinggi, karena matahari memiliki kerapatan partikel yang jauh lebih tinggi.
Siap Saingi China, Matahari Buatan Inggris Panasnya Capai 100 Juta Derajat Celcius


Mesin Tokamak ST40 buatan Inggris bisa menjadi alternatif karena harganya sekitar USD66 juta atau Rp983,5 miliar. Angka ini lebih rendah dibanding mesin Tokamak Prancis yang disebut Reaktor Eksperimental Termonuklir Internasional (ITER), diperkirakan biayanya mencapai USD22,5 miliar atau lebih dari Rp335 triliun.



Sebagai informasi, reaksi fusi adalah menggabungkan inti atom untuk menghasilkan energi dalam jumlah besar. Sebaliknya, reaksi fisi, yang digunakan dalam senjata atom dan pembangkit listrik tenaga nuklir, memecah inti atom menjadi fragmen (bagian yang lebih kecil lagi).

Tidak seperti reaksi fisi, reaksi fusi memiliki risiko kecelakaan lebih kecil. Termasuk risiko pencurian bahan atom, namun biaya untuk mewujudkan reaksi keduanya (fisi dan fusi) sangat sulit dan mahal.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2426 seconds (0.1#10.140)