Fosil Dinosaurus Baru Berusia 72 Juta Tahun Ditemukan di Chili, Bentuknya Seperti Bebek

Selasa, 20 Juni 2023 - 08:48 WIB
Ilustrasi dinosaurus baru berbentuk bebek. Foto: Istimewa
JAKARTA - Sisa fosil dari spesies baru dinosaurus menyerupai bebek berusia 72 juta tahun, ditemukan di Chili. Fosil yang dijuluki nanoi Gonkoken ini merupakan makhluk pemakan tanaman dengan berat satu ton dan panjang 4 meter.

Dilansir dari Sky News, pada 2013, sebuah ekspedisi yang dipimpin oleh Institut Antartika Chili (INACH) menemukan fragmen tulang kekuningan di bagian bawah lereng bukit dekat Torres del Paine National Park, di Patagonia.

Jhonathan Alarcon, penulis utama penelitian ini mengatakan, awalnya mereka mengira dinosaurus ini kelompok yang sama dengan hadrosaur di Amerika Selatan lainnya. Namun, ternyata dinosaurus baru yang belum ditemukan.

"Kami telah mengekstrak lebih dari 100 keping tulang dengan hati-hati, agar tidak rusak dalam prosesnya. Kami masih memverifikasi bahwa itu adalah jenis dinosaurus baru," katanya, dikutip Selasa (20/6/2023).

Penulis lainnya, Alexander Vargas mengatakan, nanoi gonkoken bukanlah dinosaurus seperti bebek, melainkan memiliki garis keturunan bebek transisi yang lebih tua, dalam tautan evolusioner yang lebih canggih.

Saat ini, mereka sedang membuat cetakan 3D bentuk dinosaurus itu, sehingga dapat ditampilkan di depan umum.

Gonkoken adalah kombinasi dari dua kata dari bahasa penduduk asli Aonikenk, yang mendiami Patagonia hingga akhir abad ke-19. Gon berarti serupa dengan dan koken berarti bebek liar atau angsa.