Foto Sinar Ultraviolet yang Menakjubkan Berhasil Merekam Perubahan Musim di Mars

Sabtu, 24 Juni 2023 - 15:44 WIB
loading...
A A A
Suhu musim panas yang lebih hangat menyebabkan lapisan es kutub selatan menyusut, kemudian melepaskan karbon dioksida dan menyebabkan atmosfer menjadi lebih tebal. MAVEN, yang diluncurkan pada November 2013 untuk mempelajari gas atmosfer planet, juga mendeteksi peningkatan kehilangan hidrogen dari Mars pada saat ini, yang kemungkinan besar disebabkan oleh badai debu yang mendorong uap air ke ketinggian yang sangat tinggi.

Mempelajari sistem ini akan menawarkan pandangan yang lebih baik tentang bagaimana Planet Merah berevolusi dari waktu ke waktu. "Memahami hilangnya atmosfer memberi para ilmuwan wawasan tentang sejarah atmosfer dan iklim Mars, air cair, dan kelayakhunian planet," kata NASA.

Gambar kedua, diambil pada Januari 2023, menangkap belahan utara Planet Merah setelah melewati titik terjauh dalam orbitnya mengelilingi matahari, menyebabkan melimpahnya awan putih di wilayah kutub utara. Akumulasi ozon juga dapat dilihat di bagian atas planet (berwarna magenta), terbentuk selama malam kutub yang dingin di musim dingin utara.



Namun, peningkatan uap air di musim semi akan menghancurkan lapisan ozon di belahan bumi utara ini. Misi MAVEN NASA akan merayakan peringatan 10 tahunnya pada musim gugur ini, setelah memasuki orbit Mars pada September 2014.
(wib)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2330 seconds (0.1#10.140)