Badan Antariksa Eropa Siap Luncurkan Teleskop Euclid, Ini Misi Penelitian di Luar Angkasa

Jum'at, 30 Juni 2023 - 18:20 WIB
Teleskop luar angkasa Euclid milik Badan Antariksa Eropa (ESA) akan diluncurkan menggunakan roket SpaceX Falcon 9 dari Cape Canaveral, Florida, Sabtu 1 Juli 2023. Foto/ESA/Live Science
PARIS - Teleskop luar angkasa Euclid milik Badan Antariksa Eropa (ESA) akan diluncurkan menggunakan roket SpaceX Falcon 9 dari Cape Canaveral, Florida, Sabtu 1 Juli 2023. Teleskop ruang angkasa ini akan mencari petunjuk tentang dua misteri terbesar alam semesta, yaitu materi gelap (dark matter) dan energi gelap (dark energy).

Teleskop luar angkasa Euclid akan menggunakan bidang pandangnya yang sangat luas untuk memburu dua komponen alam semesta yang paling misterius, materi gelap dan energi gelap. Meskipun materi gelap dan energi gelap tidak dapat dideteksi secara langsung, para ilmuwan mengamati dalam efek lengkungan gravitasi di galaksi.

Bidang pandang Euclid yang sangat besar akan secara signifikan memperluas pencarian ruang-waktu yang bengkok ini. Satelit ini diberi nama sesuai ahli matematika Yunani kuno yang dianggap sebagai "bapak geometri" Euclid atau Ekluides.

Euclid adalah teleskop luar angkasa dengan tinggi 4,5 meter dan diameter 3,1 meter. Teleskop dipasang hanya dengan dua instrument, yaitu kamera inframerah dekat yang akan mengukur jarak dan kecerahan galaksi, serta kamera cahaya tampak yang akan mempelajari bentuknya.

Setelah data Euclid dikumpulkan, para ilmuwan akan menggunakannya untuk membuat dua peta alam semesta. Pertama akan merinci penyebaran materi gelap di alam semesta dengan pelensaan gravitasi. Di mana materi membelokkan cahaya dari sumber yang jauh melalui jalur melengkung dalam ruang-waktu, sehingga memperbesarnya.

Kedua menggunakan osilasi akustik baryon, gelombang kejut materi raksasa yang diciptakan ketika alam semesta panas dan sekarang membeku dalam waktu, sebagai cincin pohon kosmik untuk mempelajari percepatan pertumbuhan alam semesta dan dugaan penyebabnya: energi gelap.

Apa itu materi gelap?

Materi gelap adalah jenis materi yang misterius dan agak kontradiktif yang menyusun 85% dari materi alam semesta. Namun, karena tidak langsung berinteraksi dengan cahaya, sama sekali tidak terlihat.

Jadi bagaimana kita tahu materi gelap itu ada? Sementara materi gelap itu sendiri tidak terlihat. Komposisi materi gelap tidak diketahui. Beberapa teori menyatakan bahwa partikel hipotetis yang disebut partikel masif yang berinteraksi lemah (WIMPs), masing-masing berbobot 10 hingga 100 kali massa foton (partikel cahaya), dapat menjadi kandidat ideal untuk membuktikan teori ini.

Sebagian peneliti mengusulkan bahwa partikel sangat kecil kurang dari sepermiliar ukuran elektron - disebut axion - bisa menjadi kandidat utama zat tersebut.

Apa itu energi gelap?

Selain namanya yang mirip, energi gelap tidak ada hubungannya dengan materi gelap. Energi gelap adalah nama yang diberikan untuk fenomena misterius percepatan ekspansi tak terkendali alam semesta.

Jawaban yang ditawarkan para kosmolog adalah bahwa suatu kekuatan misterius dalam jalinan alam semesta pasti mendorong segala sesuatu ke luar. NASA memperkirakan bahwa 68% alam semesta terdiri dari energi gelap. 27% adalah materi gelap, dan materi yang terlihat hanya 5%.