Penjelasan Ilmiah Mengapa Air Mineral Punya Sensasi Rasa Manis

Kamis, 13 Juli 2023 - 19:03 WIB
loading...
Penjelasan Ilmiah Mengapa Air Mineral Punya Sensasi Rasa Manis
Air mineral seolah memiliki rasa manis karena kandungan mineral di dalamnya yang berbeda-beda. Foto: Getty Images
A A A
JAKARTA - Ternyata ada alasan ilmiah mengapa air mineral sering “terasa manis”. Ternyata, rasa manis dalam air minum kemungkinan menunjukkan konsentrasi tinggi dari mineral yang terbentuk secara alam atau ketidakseimbangan dalam basa atau pH.

Artinya, ini semua tergantung dari sumber air, kualitas dan kuantitas mineral . Jumlah kalsium yang lebih tinggi, misalnya, bisa memberikan berbagai variasi rasa termasuk manis.

Dilansir dari laman Waterlogic, penyebab timbulnya rasa manis biasanya dikaitkan dengan sesuatu yang baru dimakan. Biasanya, ketika Anda makan sesuatu yang asam, air liur Anda menghasilkan zat kimia yang memicu sensasi manis.

Oleh sebab itu, karena air netral, jika minum setelah makan sesuatu yang asam, secara alami akan menghasilkan rasa manis. Namun, terkadang rasa manis bukan sesuatu yang bisa dicicipi, melainkan sesuatu yang berbau.

Bukan Tambahan Pemanis

Head of Public Relations and Digital Le Minerale Yuna Eka Kristina mengatakan, rasa manis dari air mineral sebenarnya berasal dari kandungan bikarbonat, bukan tambahan pemanis.

Sensasi rasa manis itu menurutnya bisa memberikan efek segar yang bisa melepas dahaga saat minum air. “Sebenarnya itu adalah bukti bahwa air mengandung mineral. Memang kandungan mineral itu memberikan rasa sensasi seperti manis ya, itu sebenarnya salah satu mineral, yaitu bikarbonat,” ujar Yuna, saat ditemui di kawasan Jakarta, baru-baru ini.


Yuna juga menjelaskan, meskipun memiliki wujud, warna, dan rasa yang cenderung mirip, air mineral dan air putih ternyata tidak sama. Keduanya memiliki perbedaan dari segi sumber, proses pengolahan, maupun kandungannya.

Air mineral diambil dari sumber mata air pegunungan vulkanik yang kaya akan mineral alami. Setelah itu, air diolah tanpa penambahan zat lain. Jadi, kemurnian air tetap terjaga. pH atau derajat keasaman air mineral biasanya antara 6–8,5.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2019 seconds (0.1#10.140)