Surat Albert Einstein kepada Guru Agama Istri Seorang Rabi Terjual Rp1,8 Miliar

Senin, 24 Juli 2023 - 08:22 WIB
loading...
Surat Albert Einstein kepada Guru Agama Istri Seorang Rabi Terjual Rp1,8 Miliar
Sepucuk surat Albert Einstein kepada seorang guru studi agama yang juga istri seorang Rabi terjual seharga USD125.000 atau Rp1,8 miliar. Foto/ Ferdinand Schmutzer/The Raab Collection
A A A
NEW YORK - Sepucuk surat Albert Einstein kepada seorang guru studi agama yang juga istri seorang Rabi terjual seharga USD125.000 atau Rp1,8 miliar. Surat yang diketik itu bertanggal dari 11 April 1950, dikirim oleh Einstein ke Martha Munk, guru studi agama di sekolah atau perguruan tinggi yang tidak disebutkan namanya di New York City.

Surat itu ditulis dalam bahasa Jerman dan telah diterjemahkan ke bahasa Inggris. Menurut The Raab Collection, perusahaan yang memfasilitasi penjualan surat tersebut, Martha Munk sama seperti Einstein, terpaksa melarikan diri dari Jerman yang dikuasai Nazi.

Munk sebelumnya telah menulis kepada Einstein untuk menanyakan pertanyaan yang diajukan oleh murid-muridnya, tentang Tuhan dan penciptaannya. Dalam surat balasan itu, Einstein juga menyampaikan pemikirannya tentang bagaimana Tuhan.



Pandangan Einstein tentang agama sangat terkenal. Fisikawan itu dibesarkan sebagai orang Yahudi dan mempertahankan pergaulannya dengan orang-orang Yahudi, meskipun tidak percaya pada Tuhan yang digambarkan dalam Taurat.

Einstein menghabiskan hidupnya mencoba menjelaskan bagaimana alam semesta terbentuk tanpa pengaruh ilahi. "Dalam hal itu, sulit untuk menilai apa yang tersisa dari iman dalam arti aslinya,” tulis Einstein dalam suratnya itu dikutip dari laman Live Science, Senin (24/7/2023).
Surat Albert Einstein kepada Guru Agama Istri Seorang Rabi Terjual Rp1,8 Miliar


Surat baru itu menambah wawasan lebih jauh tentang pandangan Einstein tentang agama. “Sungguh mengasyikkan untuk melihat sekilas pemikiran pribadinya tentang masalah yang begitu penting,” kata Nathan Raab, kepala The Raab Collection, kepada Live Science melalui email.

Pada tahun 2018, surat panjang yang ditulis oleh ilmuwan Jerman pada tahun 1954, yang dikenal sebagai "Surat Tuhan Einstein", dilelang seharga USD2,9 juta. Dalam dokumen ini, fisikawan itu merinci bagaimana dia tidak mempercayai cerita-cerita alkitabiah di masa mudanya dan bagaimana hal ini telah membebaskannya dari "pesta pemikiran bebas yang fanatik".



Einstein juga mencatat bahwa dia malah percaya pada Tuhan Spinoza, dewa amorf dan impersonal yang bertanggung jawab atas keteraturan alam semesta yang pertama kali diusulkan oleh filsuf Belanda Yahudi abad ke-17 Baruch Spinoza. Menurut Christie's, yang memfasilitasi pelelangan, dalam surat itu Einstein juga menulis “Kata Tuhan bagi saya tidak lain adalah ekspresi dan produk dari kelemahan manusia.”
Surat Albert Einstein kepada Guru Agama Istri Seorang Rabi Terjual Rp1,8 Miliar


Surat-surat lain dari Einstein juga dihargai tinggi. Pada Mei 2022, salah satu surat tulisan tangannya yang berisi persamaan E=mc2 miliknya yang terkenal terjual seharga USD1,2 juta atau Rp18 miliar.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)