10 Penemuan Menakjubkan Dunia Islam yang Masih Dipakai hingga Kini

Kamis, 10 Agustus 2023 - 13:29 WIB
loading...
A A A
Di antara banyak penemuannya, dia juga memiliki pengetahuan yang mencengangkan tentang pisau bedah, gergaji tulang, gunting yang dapat digunakan untuk operasi mata dan merancang hingga 200 alat operasi, yang masih digunakan ahli bedah modern hingga saat ini.

7. Kampus

Fatima Al-Firhi membangun lembaga pendidikan komunitas di Fez, Maroko. Pada tahun 859, dia mengembangkan universitas pemberi gelar pertama. Bersama saudaranya, Miriam, dia memperluas universitas ke masjid-masjid dan bersama-sama menjadi "Masjid dan Universitas Al-Qarawiyyin". Di sana diajarkan berbagai mata pelajaran seperti ilmu alam, astronomi, Quran dan teologi hukum, geografi, penulisan, dll.

8. Jam

Al-Jazari dari Diyarbakir, Turki, adalah orang pertama yang merancang jam. Pentingnya waktu di dunia saat ini dan peran yang dimainkannya, juga berlaku bagi umat Islam 700 tahun lalu. Al-Jazari pada dasarnya berfokus pada ajaran islam dalam mengembangkan jam karena waktu memainkan peran utama dalam beribadah, seperti sholat dan puasa.



9. Sampo dan Sabun

Adalah Hazrat Shalih (A.S) yang menciptakan formula untuk sabun. Orang Mesir memang menggunakan sejenis sabun, begitu pula orang Romawi tetapi mereka lebih menggunakannya sebagai pomade. Orang Arab lantas mencampur minyak nabati dengan natrium hidroksida dan aromatik seperti minyak.

Sementara sampo ditemukan oleh seorang ilmuwan muslim di Inggris pada 1759 dan dia akhirnya dipekerjakan oleh Raja George IV dan William IV.

10. Pesawat Terbang
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2276 seconds (0.1#10.140)