Mengapa Orang Bermata Biru Istimewa? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Kamis, 24 Agustus 2023 - 18:44 WIB
loading...
Mengapa Orang Bermata Biru Istimewa? Ini Penjelasan Ilmiahnya
Di Indonesia, ada beberapa suku yang terkenal memiliki mata biru, sementara di Eropa banyak ditemukan di Finlandia. (Foto: Jenna Hamra/Pexels)
A A A
JAKARTA - Orang bermata biru dianggap istimewa lantaran aura kecantikan yang dipancarkan dan kelangkaannya. Namun, ternyata mereka juga memiliki kelebihan lain.

Tak banyak memang manusia bermata biru di dunia ini. Kondisi ini disebut-sebut akibat mutasi genetik langka atau perkawinan silang, benarkah?

Di Indonesia , ada beberapa suku yang terkenal memiliki mata biru. Yaitu, Suku Buton di Sulawesi Tenggara, Suku Lamno di Aceh, dan Suku Lingon di pedalaman Halmahera, Maluku. Di belahan dunia lain seperti Eropa juga ada beberapa suku yang bermata biru.

Lantas apa yang membuat orang bermata biru istimewa. Berikut ulasannya dikutip dari Bright Side, Kamis (24/8/2023).



1. Mata biru sebenarnya tidak biru

Tidak ada pigmen biru di mata. Mayoritas manusia mendapatkan warna mata coklat dari melanin, pigmen yang bertanggung jawab atas warna kulit. Warna mata biru didapat dari pantulan cahaya, mirip laut dan langit yang tampak biru.

2. Mata biru bisa berubah warna

Mata biru bisa tampak berbeda warna tergantung pada kondisi cahaya. Hal ini terjadi karena mata biru mendapatkan warnanya dari cahaya yang masuk kemudian dipantulkan kembali.

3. Semua orang bermata biru mempunyai leluhur yang sama
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2381 seconds (0.1#10.140)