5 Kiamat Kecil yang Membuat Manusia Nyaris Punah, Salah Satunya dari Indonesia

Rabu, 13 September 2023 - 19:35 WIB
loading...
5 Kiamat Kecil yang Membuat Manusia Nyaris Punah, Salah Satunya dari Indonesia
Manusia sudah pernah lima kali terancam punah karena faktor bencana alam. (Foto: Harvard.Edu)
A A A
JAKARTA - Manusia seperti makhluk hidup lain berpotensi punah. Namun, dengan populasi sebanyak delapan miliar orang yang kini hidup di bumi, kemungkinan manusia punah dalam waktu dekat tampaknya mustahil terjadi. Kecuali jika terjadi ledakan nuklir atau bencana luar biasa.

Namun meskipun populasi manusia terus meningkat pesat ancaman kepunahan selalu ada. Faktanya tercatat ada lima peristiwa kiamat kecil sepanjang sejarah di mana umat manusia berada dalam bahaya kepunahan. Salah satunya karena letusan gunung berapi super 70.000 tahun lalu yang hampir membuat manusia punah seperti dinosaurus.

Berikut lima peristiwa kiamat kecil yang pernah membuat manusia nyaris punah dalam sejarah peradaban dunia, dikutip dari Daily Mail, Rabu (13/9/2023).

1. Zaman Es

Diperlukan waktu hingga tahun 1804 agar populasi dunia mencapai satu miliar, tahun 1927 melampaui dua miliar, dan tahun 1960 mencapai tiga miliar. Baru enam dekade setelahnya, jumlah manusia melonjak hingga lebih dari delapan miliar. Namun, jika diputar ulang 1,2 juta tahun lalu, segalanya sangat berbeda. Para peneliti memperkirakan seluruh umat manusia hanya berjumlah 26 ribu orang saat itu.

Yang lebih parah lagi, populasi yang berkembang biak berjumlah sekitar 18.000. Artinya jumlah manusia pada masa itu lebih sedikit dibandingkan jumlah gorila saat ini. Jadi apa penyebab penurunan populasi manusia saat itu? Bukti fosil menunjukkan anggota genus Homo menyebar ke seluruh Afrika, Asia, dan Eropa?



Para ilmuwan tidak yakin, tapi mereka tahu ada peristiwa tingkat kepunahan yang memusnahkan manusia purba dari Eropa pada waktu yang hampir bersamaan. Zaman es yang sebelumnya tidak diketahui mendorong iklim Eropa melampaui toleransi manusia purba.

Sedimen laut dari 1,1 juta tahun yang lalu menunjukkan suhu tiba-tiba turun lebih dari 5°C, yang menurut para ilmuwan membuat nenek moyang manusia mustahil bertahan hidup karena tidak memiliki pemanas atau pakaian hangat. Absennya spesies kita di benua Eropa berlangsung sekitar 200 ribu tahun, sebelum manusia beradaptasi dan kembali.

2. Pleistosen Tengah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2214 seconds (0.1#10.140)