Rahasia Ilahi, Misteri di Balik Rasa Asin Belum Terpecahkan

Senin, 18 September 2023 - 09:59 WIB
loading...
A A A
Manusia pasti dapat membedakan kadar garam rendah yang diinginkan dari sensasi garam tinggi dan busuk dan reseptor ENaC yang sama yang digunakan oleh tikus tampaknya terlibat. Namun penelitian dengan penghambat saluran natrium ENaC pada manusia bervariasi secara membingungkan. Terkadang mengurangi rasa asin tetapi di lain waktu malah meningkatkannya.

Penjelasan yang mungkin adalah fakta bahwa manusia memiliki bagian keempat dari ENaC, yang disebut subunit delta, yang tidak dimiliki hewan pengerat. Ini dapat menggantikan salah satu bagian lainnya, mungkin membuat versi saluran yang kurang sensitif terhadap pemblokir ENaC.

Selama 40 tahun menyelidiki rasa garam, para peneliti masih memiliki pertanyaan tentang bagaimana lidah manusia merasakan garam dan bagaimana otak memilah sensasi tersebut ke dalam jumlah yang tepat versus terlalu banyak.

Yang dipertaruhkan adalah lebih dari sekedar memuaskan keingintahuan ilmiah. Mengingat risiko kardiovaskular yang ditimbulkan oleh pola makan tinggi garam.

Para peneliti ingin mengembangkan alternatif atau penambah garam yang lebih baik yang akan menciptakan rasa enak tanpa risiko kesehatan. Namun jelas mereka memiliki lebih banyak pekerjaan sebelum menemukan sesuatu yang dapat ditaburkan di piring makan tanpa menimbulkan kekhawatiran risiko kesehatan.
(msf)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1573 seconds (0.1#10.140)