Kuil Kuno Tempat Pelantikan Firaun Berisi Harta Karun Ditemukan di Mesir

Kamis, 21 September 2023 - 06:26 WIB
loading...
Kuil Kuno Tempat Pelantikan Firaun Berisi Harta Karun Ditemukan di Mesir
Penemuan dilakukan oleh tim arkeolog saat menjelajah situs legendaris Thonis-Heracleion. (Foto: Insider)
A A A
JAKARTA - Para arkeolog berhasil menemukan harta karun artefak Mesir dan Yunani kuno di kuil-kuil yang tenggelam di kota bawah air di lepas pantai Mesir.

Penemuan tersebut dilakukan oleh tim arkeolog saat berupaya mengungkap situs legendaris Thonis-Heracleion, kota pelabuhan Mesir yang hilang setelah tenggelam lebih dari 1.000 tahun lalu.

Di tempat ini para arkeolog menemukan harta karun emas dan perak dari kuil Amun yang tenggelam, termasuk artefak yang kemungkinan besar digunakan untuk memberkati para Firaun saat mereka naik takhta. Di sana juga ditemukan kuil Yunani untuk Aphrodite dan senjata Yunani kuno.

“Sangat mengharukan menemukan benda-benda seperti itu, yang tetap bertahan meski terjadi kekerasan dan besarnya bencana alam,” kata Franck Goddio, presiden Institut Arkeologi Bawah Air Eropa, yang memimpin penggalian bersama Kementerian Pariwisata dan Purbakala Mesir, dikutip dari Insider, Kamis (21/9/2023).



Kota Thonis-Heracleion yang hilang baru ditemukan sekitar 20 tahun lalu. Thonis-Heracleion sempat diturunkan statusnya menjadi legenda hingga terungkap pada 2000 oleh Goddio dan timnya.

Dibangun di dekat muara Sungai Nil, Thonis-Heracleion pernah menjadi kota pelabuhan terbesar di Mediterania. Hingga Alexandria didirikan, kota ini merupakan tempat yang sangat penting, titik masuk wajib ke Mesir bagi semua kapal yang datang dari Yunani, dan pusat upacara ritual para penguasa.

Namun naiknya air, serangkaian gempa bumi, dan gelombang pasang berkontribusi hilangnya kota ini. Thonis-Heracleion akhirnya perlahan menghilang ke Mediterania, di tempat yang sekarang dikenal sebagai Teluk Aboukir di Mesir, hingga lenyap sepenuhnya pada abad ke-8.

Nama dan kisah kota ini hilang selama berabad-abad, hanya disebutkan sepintas lalu dalam teks klasik kuno dan prasasti langka.

Melalui survei terperinci, Goddio dan timnya akhirnya menemukan sisa-sisanya, terkubur di lapisan sedimen bawah air yang dalam. Mereka telah berupaya mengungkap rahasia kota yang hilang selama dua dekade terakhir.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4427 seconds (0.1#10.140)