Miris, Perlu 5 Tahun Ekosistem Bromo Benar-benar Pulih Usai Kebakaran Karena Flare

Jum'at, 22 September 2023 - 08:51 WIB
loading...
A A A
Tercatat selama tiga hari kembali dibuka pasca kebakaran atau sejak 19 September 2023 hingga saat ini total ada sebanyak 760 wisatawan yang masuk kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Jumlah itu terdiri dari 576 wisatawan domestik dan 185 wisatawan mancanegara (wisman).

Kawasan Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Jawa Timur. Pada 2022, tercatat dikunjungi sebanyak 318.919 wisatawan, yang terbagi dari 310.418 pengunjung merupakan wisatawan nusantara dan sebanyak 8.501 merupakan wisatawan asing.

Dari total jumlah kunjungan wisatawan ke Bromo sepanjang 2022 tersebut, ada Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp11,65 miliar, yang meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang sebanyak Rp4,85 miliar.

Patroli di Kawasan Gunung Bromo Ditingkatkan
Miris, Perlu 5 Tahun Ekosistem Bromo Benar-benar Pulih Usai Kebakaran Karena Flare

Patroli di kawasan wisata dan pintu masuk TNBTS saat ini juga ditingkatkan. Hal itu untuk mengantisipasi adanya wisatawan yang masuk dengan membawa barang bawaan yang dilarang.

Di hari ketiga pasca buka beberapa petugas patroli dari Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNTBS), dibantu beberapa relawan masyarakat sekitar juga terlihat berpatroli, serta kepolisian.

Beberapa posko di tengah savana padang rumput kawasan Gunung Bromo, mulai Posko Bukit Teletubbies, Posko Blok Watugede, hingga Posko Jemplang, juga terlihat dijaga petugas menjaga posko.

Beberapa mobil pompa tangki juga masih disiagakan di beberapa titik di savana padang rumput Gunung Bromo. Sejumlahpetugas juga terus mengingatkan ke wisatawan yang berada di sekitar savana padang rumput untuk berhati-hati dalam menyalakan api, termasuk rokok.

Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB-TNTBS) Hendro Widjanarko mengungkapkan, peningkatan pengawasan wisatawan telah dilakukan di tiap pintu masuk.

Para pengunjung telah diingatkan untuk tidak membawa benda-benda yang dilarang dibawa masuk, seperti cat apalagi flare dan bahan-bahan yang menyebabkan kebakaran.

Miris, Perlu 5 Tahun Ekosistem Bromo Benar-benar Pulih Usai Kebakaran Karena Flare

"Ini tujuannya untuk himbau pengunjung agar memahami ada larangan. Misalnya tidak boleh bawa cat untuk menghindari vandalisme. Juga, barang yang menimbulkan kebakaran enggak boleh," ucap Hendro Widjanarko.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)