Deretan Musisi yang Tolak Manggung di Israel, Nomor 1 Roger Waters

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 17:00 WIB
loading...
Deretan Musisi yang Tolak Manggung di Israel, Nomor 1 Roger Waters
Musisi dari grup Pink Floyd, Roger Water, menolak tampil di Israel. (Foto: Euronews)
A A A
JAKARTA - Situasi di Timur Tengah memanas dengan pecahnya perang antara Israel dan Palestina sejak Sabtu (7/10/2023). Hal tersebut memunculkan respons beragam, termasuk di kalangan selebritis dan musisi.

Beberapa pesohor menunjukkan dukungannya, baik kepada Palestina maupun Israel. Bahkan pada 2021, setidaknya 600 musisi menyatakan memboikot Israel dan berdiri dalam solidaritas dengan Palestina.

Solidaritas terhadap Palestina dilakukan sejumlah musisi dengan menolak tampil di Israel. Berikut deretan musisi yang menolak maupun membatalkan manggung di Israel, dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (13/10/2023).

Roger Waters

Musisi dari grup Pink Floyd, Roger Water, menolak tampil di Israel. Ia termasuk musisi yang terdepan dalam gerakan Boikot, Divestasi, Sanksi (BDS) terhadap Israel sejak bergabung pada 2011. Waters bahkan menganalogikan bahwa tampil di Israel sama saja dengan tampil di Nazi Jerman. Ia pun mengajak rekan sesama musisi untuk bergabung dalam boikot kultural tersebut.


Rage Against The Machine

Band Rage Against The Machine (RATM) menyuarakan dukungannya terhadap Palestina. Pada 2021, ketika konflik Palestina-Israel meningkat, band asal Amerika Serikat tersebut mengunggah di media sosial dengan mengatakan bahwa mereka mendukung rakyat Palestina yang melawan teror kolonial dalam segala bentuknya. RATM juga menolak manggung di Israel.

Patti Smith

Salah satu musisi dari 600 musisi yang menandatangani surat seruan kepada para artis untuk menghindari konser di Israel adalah Patti Smith. Dalam sebuah wawancara pada 2021, ia mengatakan bahwa dirinya belum pernah tampil di Israel sejak 1999. Sikap yang dipilihnya itu merupakan ekspresi solidaritas terhadap perjuangan rakyat Palestina demi kebebasan dan keadilan.

Bruno Mars

Bruno Mars membatalkan konsernya di Tel Aviv yang dijadwalkan pada Sabtu (7/10/2023) di Hayarkon Park, Tel Aviv. Konser yang dibatalkan tersebut adalah konser kedua Bruno Mars, menyusul konser pertama tiga hari sebelumnya di tempat yang sama.

Baca Juga: Instagram Ubah Algoritma Setelah Banyak Menyensor Konten Pro Palestina

Meskipun tiket terjual habis, namun karena terjadi adu senjata, konser kedua Bruno Mars dibatalkan. Penyelenggara acara menyampaikan pengumuman pembatalan konser Bruno Mars di laman Instagram. Bruno Mars dikabarkan segera bertolak dari Israel menuju Athena untuk kemudian melanjutkan turnya di Qatar.
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5135 seconds (0.1#10.140)