Batu Umban 7.200 Tahun Ditemukan di Israel, Alat Perang Tertua yang Diproduksi Massal

Jum'at, 24 November 2023 - 13:00 WIB
loading...
Batu Umban 7.200 Tahun Ditemukan di Israel, Alat Perang Tertua yang Diproduksi Massal
Bentuk batu-batu yang dipahat dengan bentuk tertentu yang diduga dijadikan sebagai ketapel. Foto: IFLScience
A A A
ISRAEL - Ilmuwan baru saja mengungkap ratusan alat perang berusia 7.200 tahun di Israel. Alat perang tersebut diduga tertua didunia yang diproduksi secara masal. Dikatakan berasal dari Zaman Tembaga.

Bentuknya memang bukan seperti senjata yang unik dan berbahaya. Tapi, hanya berbentuk batu.

Batu-batu itu ditemukan dari dua situs arkeologi di wilayah Israel. Berdasarkan analisis para arkeolog, senjata tersebut diproduksi secara massal, menunjukkan adanya persenjataan yang sangat terorganisir.

Melansir IFL Sciene, Jumat (24/11), arkeolog pertama kali menemukan alat perang berupa 424 batu umban di pemukiman kuno 'En Esur dan 'En Zippori, yang berasal dari tahun 5800 dan 4500 SM.

Mengingat bahwa batu-batu tersebut memiliki bentuk yang hampir identik, para peneliti menyimpulkan bahwa ini merupakan proyektil di zaman dahulu.
Dimensinya hampir seragam dengan panjang 2 inci, lebar 1,2 inci, dan berat 60 gram.

Batu Umban 7.200 Tahun Ditemukan di Israel, Alat Perang Tertua yang Diproduksi Massal

Batu yang berbentuk seperti proyektil. Foto: IFL Science

“Batu-batu itu seperti proyektil, dilepaskan mungkin dari alat semacam ketapel. Uniknya, batu-batu itu dihaluskan dengan bentuk aerodinamis bikonikal tertentu, memungkinkan proyeksi yang tepat dan efektif,” kata Otoritas Barang Antik Israel dalam sebuah pernyataan

Dalam studi yang menyertainya, para peneliti menjelaskan bahwa desain bikonikal telah diterima sebagai desain optimal untuk proyektil sling atau ketapel dan kemudian diadopsi oleh tentara Yunani dan Romawi di hari kemudian.

“Faktanya, batu-batu ini adalah bukti awal peperangan di Levant Selatan. Kemiripan batu ketapel menunjukkan produksi industri skala besar untuk digunakan oleh para prajurit ketika berperang maupun berlatih," tulis peneliti.



Dengan memasukkan penemuan ini ke dalam konteks sejarah, para peneliti mengatakan bahwa pergeseran dari batu ketapel berupa kerikil alam ke batu yang seragam merupakan bentuk persenjataan yang sangat terstandarisasi.

Ini mungkin mengindikasikan berkembangnya peperangan terorganisir selama awal Zaman Tembaga dan memberikan gambaran peperangan terorganisir di Timur Tengah yang terjadi lebih dari 7.000 tahunyanglalu.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)