5 Fakta Gunung Hermon, Gunung Salju di Daratan Israel

Sabtu, 25 November 2023 - 09:28 WIB
loading...
5 Fakta Gunung Hermon, Gunung Salju di Daratan Israel
Pemandangan Indah Gunung Hermon yang bersalju di daratan Israel. Foto: ist
A A A
ISRAEL - Gunung Hermon adalah sebuah gunung yang terletak di perbatasan antara Suriah, Lebanon, dan Israel. Gunung ini merupakan titik tertinggi di daratan Palestina dan merupakan bagian dari pegunungan anti-Lebanon.

Gunung Hermon memiliki pentingnya dalam sejarah, budaya, dan juga menjadi lokasi rekreasi bagi penduduk setempat dan wisatawan.

Berikut 5 fakta tentang Gunung Hermon yang menarik untuk diketahui:

5 Fakta Gunung Hermon

1.Dijuluki Jabal es - Syeikh
5 Fakta Gunung Hermon, Gunung Salju di Daratan Israel

Oleh orang - orang Arab, Gunung Hermon dijuluki sebagai Jabal es - Syeikh. Jabal es - Syeikh memiliki arti sebagai gunung orang lanjut usia. Pasalnya gunung ini akan tertutup salju di musim dingin. Dengan adanya salju di bagian atas gunung saat musim dingin, hal ini terlihat seperti rambut putih yang tumbuh di kepala orang tua.

2. Ketinggian Gunung Hermon

Gunung Hermon adalah puncak tertinggi di Israel, Lebanon, dan Suriah dengan ketinggian sekitar 2.814 meter (9.230 kaki). Gunung ini terletak di perbatasan ketiga negara tersebut, selain itu gunung ini memegang peran penting dalam sejarah dan kehidupan masyarakat di sekitarnya.

Gunung Hermon sendiri terbentang sepanjang 150 km dari sisi barat daya ke arah timur laut.
Menariknya, sebagian wilayah gunung Hermon termasuk bagian Dataran Tinggi Golan dan meliputi sebuah cagar alam bernama Hermon Nature Reserve.

3. Sumber Air Sungai Yordania

Salah satu hal paling penting dari Gunung Hermon adalah perannya sebagai sumber air bagi Sungai Yordan dan sistem air penting lainnya di kawasan tersebut. Melalui proses alami, salju yang menutupi gunung ini meleleh dan memberikan kontribusi penting bagi pasokan air.

4. Perbedaan Tampilan di Dua Musim

Gunung Hermon dikenal memiliki hamparan pemandangan salju yang indah di musim dingin. Pemandangan putih ini yang membuat gunung ini dijuluki Jabal es-Syeikh.

Berbeda dengan musim selain musim dingin, Gunung Hermon hanyalah hamparan bebatuan tinggi yang gersang dan ditumbuhi rerumputan. Sehingga gunung ini hampir tidak terlihat jika di musim - musim biasa. Pasalnya gunung ini akan semakin indah di musim dingin dengan pemandangan salju.

5. Menawarkan Pemandangan Indah
5 Fakta Gunung Hermon, Gunung Salju di Daratan Israel

Gunung Hermon menawarkan panorama indah yang meliputi sebagian besar wilayah Palestina yang terlihat jelas dari puncaknya. Wisatawan dapat melihat Dataran Tirus, Pegunungan Lebanon, dan Laut Tengah di arah barat, Gunung Karmel yang menawan di barat daya, serta Lembah Yordan, Laut Galilea, dan Lembah Hula di selatan.

Baca Juga: Hampir 15.000, Korban Tewas Serangan Israel di Gaza

Di sisi timur, terdapat Dataran Damaskus yang mempesona. Puncak Gunung Hermon juga menampilkan kecantikan salju putih yang mengalami kondensasi uap air di malam hari, menciptakan embun dalam jumlah besar. Itulah 5 fakta Gunung Hermon yang menarik untukdiketahui.
(dan)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1213 seconds (0.1#10.140)