7 Fakta Unik Burung Merak, Keajaiban di Balik Sayap Berwarna

Kamis, 14 Desember 2023 - 15:45 WIB
7 Fakta Unik Burung Merak, Keajaiban di Balik Sayap Berwarna
Selain memiliki bulu menakjubkan, burung Merak juga sangat cerdas. (Foto: Brightly)
JAKARTA - Di dalam hutan yang lebat serta padang rumput terbuka, hiduplah makhluk yang memikat hati dengan keanggunan serta keindahan yang tidak terbandingkan.

Burung merak, dengan bulu warna-warni serta tarian megahnya, menjadi simbol keelokan alam. Fakta unik burung merak selama ini telah menjadi misteri alam yang mengagumkan.

Burung merak merupakan hewan asli Asia. Di India, tempat asalnya, burung Merak merupakan simbol agama Hindu hingga keluarga kerajaan India. Di tempat lain, mereka dikagumi terutama karena hiasan bulu ekornya yang berwarna biru serta hijau, namun tentu saja bukan karena vokalisasi mereka yang bernada tinggi.

Burung merak dikenal karena bulunya yang kaya dan warna permata yang tajam. Burung ini memang memukau secara visual namun terdapat lebih banyak hal yang bisa dilihat dari burung merak. Terdapat tiga spesies dari burung ini, yakni biru, hijau, dan Kongo.

Menurut Daftar Merah Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN), burung merak biru masuk dalam daftar “paling tidak memprihatinkan” serta burung merak hijau masuk dalam daftar “terancam punah”. Lalu, untuk merak Kongo terdaftar sebagai “rentan”.

Inilah tujuh fakta unik dari burung merak:

1. Keajaiban Warna yang Menakjubkan

Satu-satunya kata yang mampu menggambarkan bulu burung merak merupakan “spektakuler”. Warna-warna yang menawan, dari biru, hijau, dan ungu, hingga kombinasi beragam, menghasilkan palet yang memukau di alam. Setiap bulu terasa seperti karya seni alami, memberikan sentuhan magis pada pemandangan alam.

2. Tarian Elegan untuk Menarik Pasangan

Salah satu penampilan terbaik burung merak adalah ketika mereka menari untuk menarik perhatian pasangan. Gerakan elegan dan tarian bersamaan dengan gemerincing bulu membentuk pertunjukan luar biasa. Tarian ini bukan hanya tontonan indah, namun juga bagian penting dari upaya dalam mempertahankan kelangsungan hidup spesies.

3. Kecerdasan luar biasa

Burung merak juga dikenal dengan kecerdasannya yang menakjubkan. Mereka mampu belajar berbagai trik, bahkan meniru suara manusia atau bunyi-bunyi lainnya. Kecerdasan ini dapat membantu beradaptasi dengan lingkungan yang berubah serta memecahkan masalah untuk mendapatkan makanan.

4. Habitat yang Luas

Burung merak tersebar luas di berbagai habitat, mulai dari hutan hujan tropis hingga padang rumput terbuka. Fleksibilitas ini membuat mereka menjadi spesies yang tangguh, dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan. Keberadaan mereka di berbagai tempat memberikan dampak positif pada ekosistem lokal.

5. Burung Nasional India

Pada tahun 1963, burung merak biru atau India (Pavo cristatus) ditetapkan sebagai burung nasional India. Sebenarnya mencakup hampir seluruh anak benua India, serta merupakan spesies yang paling tidak menimbulkan kekhawatiran, menurut IUCN. Burung merak memiliki tradisi penggambaran yang kaya dalam seni India dan budaya agama Hindu, termasuk dikaitkan dengan dewa dan dewi hingga keluarga kerajaan. Dewa Hindu, Lord Krishna, diyakini memakai bulu merak di mahkotanya.

6. Sosialitas yang Tinggi

Burung merak dikenal sebagai hewan sosial yang hidup dalam kelompok besar. Mereka membentuk ikatan yang kuat dengan sesama anggotanya, berbagi tugas, serta saling melindungi. Keberadaan sosial ini memberikan perlindungan ekstra hingga memperkuat komunitas mereka di alam liar.

7. Simbol Keberuntungan dan Kebajikan

Berbagai budaya di seluruh dunia telah melihat burung merak sebagai simbol keberuntungan dan kebijakan. Dalam beberapa tradisi, burung merak dianggap sebagai pembawa pesan baik, serta bulu-bulunya digunakan dalam upacara keagamaan. Keberuntungan ini memberikan dimensi spiritual pada keberadaan burung merak di mata masyarakat.

Dengan seluruh keunikan dan keindahan yang dimiliki oleh burung merak, kita memiliki tanggung jawab untuk melindungi dan menjaga keseimbangan ekosistem. Hanya dengan upaya bersama dalam pelestarian serta pendidikan, kita mampu memastikan bahwa kecantikan burung merak akan terus menghiasi alam serta memberikan inspirasi untuk generasi mendatang.

MG/Sabrina Amyra Aziz